FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2019

NENCY, AGUSTIA (2019) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2019. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover & abstrak PDF.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I PDF.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 (KESIMPULAN DAN SARAN))
bab 7 (kesimpulan&saran) PDF.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
Tugas akhir ilmiah utuh-PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Cakupan ASI eksklusif Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) 48,5% dari target 80%. Salah satu penyebabnya adalah wanita usia reproduktif yang memilih bekerja di luar rumah. OKU memiliki angkatan kerja sebanyak 65.917 dari 97.628 Wanita Usia Subur. Kebijakan mengenai ASI eksklusif di tempat kerja telah ada, namun masih banyak tempat kerja yang belum melaksanakan kebijakan tersebut.Tujuan penelitian menganalisis faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja di Kabupaten OKU. Studi mixed method desain sequential explanatory. Sampel kuantitatif diambil menggunakan multistage sampling pada Sembilan puluh dua ibu bekerja menyusui yang memiliki anak usia 0-2 tahun di OKU antara November 2018-Maret 2019. Responden Penelitian kualitatif dengan Indept Interview kepada pengelola program gizi dinas kesehatan, kabid hubungan indsutrial dinas tenaga kerja dan transmigrasi, kasie pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pemegang program gizi puskesmas sukaraya dan puskesmas tanjung agung, pimpinan tempat kerja, dan Responden Focus Group Discussion (FGD) yaitu ibu-ibu bekerja yang menyusui. Hasil Kuantitatif didapatkan pengetahuan (p= 0,245), Sikap (p= 0,423), fasilitas laktasi (p= 0,233), dukungan suami (p= 0,958), dukungan atasan kerja (p= 0,641). Hasil penelitian kualitatif menjelaskan bahwa kebijakan ASI Ekslusif di tempat kerja masih banyak ditemukan kendala berupa kurangnya sosialisasi, belum ada alokasi dana, tenaga dan sarana khusus untuk pelaksanaan. Disimpulkan bahwa pelaksanaan kebijakan ASI Eksklusif pada ibu bekerja di OKU belum terlaksana dengan baik karena belum adanya Perda Khusus tentang ASI eksklusif di tempat kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes.,FISCH.,FISCM
Uncontrolled Keywords: ASI EKSKLUSIF IBU BEKERJA, PENGETAHUAN, MIXED METHOD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 18 Jul 2019 12:24
Last Modified: 18 Jul 2019 12:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46790

Actions (login required)

View Item View Item