Analisis Migrasi Rumah Tangga Dan Polarisasi Pendapatan

Rainaldo, Dwi Putra (2024) Analisis Migrasi Rumah Tangga Dan Polarisasi Pendapatan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Abstract.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Thesis Fulltext)
Tesis rainaldo dwi putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Polarisasi pendapatan merupakan isu krusial karena selain memiliki dampak sosial yang serius, intensitasnya juga berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi. Penelitian-penelitian terdahulu mengenai isu ini cenderung melihat polarisasi pendapatan dari perspektif konflik sosial dan etnis. Perspektif migrasi internal rumah tangga sebagai penyebab polarisasi pendapatan di Indonesia belum banyak mendapat perhatian dari studi-studi yang ada. Untuk mengisi kesenjangan ini, studi ini berfokus pada pertanyaan tentang bagaimana migrasi rumah tangga memengaruhi polarisasi pendapatan rumah tangga di Indonesia. Studi ini juga menjawab pertanyaan lebih lanjut mengenai bagaimana remitansi memengaruhi polarisasi pendapatan di Indonesia. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, studi kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis model regresi logistik terhadap data Indonesian Family Life Survey (IFLS) gelombang 5 tahun 2014. Hasil studi menunjukkan bahwa migrasi rumah tangga antarprovinsi di Indonesia berpengaruh besar terhadap polarisasi pendapatan di Indonesia. Remitansi migran tidak mengurangi polarisasi pendapatan di Indonesia, motif migrasi rumah tangga ekonomi dan non-ekonomi tidak mempengaruhi polarisasi pendapatan, dan pola migrasi dari desa ke kota mempengaruhi polarisasi pendapatan di Indonesia. Oleh karena itu, kebijakan yang perlu diambil adalah memprioritaskan pengurangan ketimpangan pendapatan, peningkatan akses pendidikan dan peningkatan keterampilan yang merata di seluruh wilayah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulia Anas, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: migrasi rumah tangga, Remitansi, Motif Migrasi, Pola Migrasi polarisasi pendapatan, Regresi logistik, IFLS
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 27 May 2024 07:56
Last Modified: 27 May 2024 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467451

Actions (login required)

View Item View Item