EKSISTENSI PENILAIAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI ONLINE DI MARKETPLACE DIKAITKAN DENGAN PENGAWASAN OLEH DIRJEN PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA

Adithya Athallah, Wanda (2024) EKSISTENSI PENILAIAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI ONLINE DI MARKETPLACE DIKAITKAN DENGAN PENGAWASAN OLEH DIRJEN PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN TERTIB NIAGA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)

Abstract

ABSTRAK Berbicara mengenai marketplace di Indonesia ada beberapa yang digunakan oleh konsumen diantaranya, shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, bahkan yang sedang heboh dan banyak diminati oleh konsumen adalah tiktokshop. Marketplace adalah sebuah wadah pemasaran produk secara elektronik yang mempertemukan banyak penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. Transaksi dapat dilaksanakan apabila setiap pihak menjalankan hak dan kewajibannya. Setiap pihak dalam marketplace memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Hak konsumen atas keterbukaan informasi diatur dalam hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa dan hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan. Pengaturan Eksistensi penilaian konsumen sebagai salah satu cara konsumen dalam menyampaikan pendapat yang biasanya berbentuk ulasan (review) setelah berbelanja barang di marketplace, terkait salah satu asas hukum yaitu asas kepastian hukum, belum ada tempat untuk diakuinya penilaian konsumen dalam aturan mengenai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu : 1). Bagaimana pengaturan eksistensi penilaian konsumen dalam jual beli online terhadap pengawasan oleh Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, 2). Bagaimana pengaturan pengawasan Dirjen PKTN terhadap pelaku usaha dalam jual beli online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Dari hasil penelitian, eksistensi penilaian konsumen tidak diatur dengan jelas dalam dalam PP RI tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), eksistensi penilaian konsumen yang memberikan penilaian (rating) jelas akan mempengaruhi kebijakan pengawasan oleh PKTN, maka dari itu diperlukan norma hukum yang jelas dalam PP RI tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). bagaimana cara Dirjen PKTN akan mengawasi pelaku usaha, sedangkan norma hukum yang mengatur tidak jelas dan keberadaan penilaian konsumen tidak diakui. Kata Kunci : Hak Konsumen, Penilaian Konsumen, Pengawasan PKTN

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Misnar Syam, S.H., M.Hum Almaududi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 May 2024 03:26
Last Modified: 28 May 2024 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467372

Actions (login required)

View Item View Item