Perbandingan performans ayam broiler yang diberi ransum non komersial dan ransum komersial terhadap berat badan akhir, persentase karkas, mortalitas dan income over feed and chick cost

Nurlailan, Azmi (2019) Perbandingan performans ayam broiler yang diberi ransum non komersial dan ransum komersial terhadap berat badan akhir, persentase karkas, mortalitas dan income over feed and chick cost. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover + ABSTRAK ELA PAKAI PDF DAN WATER MARK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I PENDAHULUAN ELA PAKAI WATER MARK PDF.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V KESIMPULAN ela pakai water mark pdf.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA ELA PAKAI WATER MARK PDF.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Full ELA PAKAI WATER MARK tambah surat pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan performans dan Income Over Feed and Chick Cost (IOFCC) terhadap ayam broiler. Ayam broiler yang digunakan adalah strain CP707 dari PT. Charoen Pokphand Indonesia. Pemeliharaan dilakukan selama 28 hari. kandang yang digunakan pada penelitian ini adalah kandang panggung dengan ukuran 80 x 60 x 50 cm sebanyak 30 unit. Masing-masing unit diisi 3 ekor ayam dilengkapi dengan tempat makan, tempat minum, serta lampu pijar 25 watt. Analisa statistik menggunakan rumus uji t yang terdiri dari 2 perlakuan dan 15 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pemberian ransum non komersial dan ransum komersial dari umur satu hari sampai hari panen. Hasil analisa menunjukkan bahwa pemberian ransum non komersial dan ransum komersial pada ayam broiler memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap berat badan akhir, persentase karkas dan IOFCC. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemberian ransum komersial terhadap ayam broiler lebih efektif untuk meningkatkan performans dan IOFCC dengan rataan berat badan akhir yang dicapai selama pemeliharaan empat minggu yakni 1522 gram, persentase karkas sebesar 71,45 % dan Income Over Feed and Chick Cost (IOFCC) sebesar Rp.6.511,26. Selama penelitian tidak ada kematian ayam pada kedua perlakuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.Rijal Zein,MS
Uncontrolled Keywords: Ayam broiler, ransum non komersial, ransum komersial, persentase karkas, Income Over Feed and Chick Cost (IOFCC).
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 17 Jul 2019 11:59
Last Modified: 17 Jul 2019 11:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46719

Actions (login required)

View Item View Item