Yedisman, Putriafnan Salsabil (2024) Strategi Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Tagline "Taste of Padang". S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version Download (260kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (577kB) |
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya peranan pariwisata Sumatera Barat pada tahun 2016 lalu sedangkan potensi pariwisatanya sangat memadai, sehingga dalam RPJMD nya dibutuhkan suatu strategi dalam upaya mengembangkan pariwisatanya yang salah satunya berupa pencipataan branding / tagline wisata daerah Sumatera Barat. Setelah dilakukan FGD, akhirnya lahir tagline ‘’Taste of Padang” yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata Sumatera Barat dan membangun citra pariwisatanya agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat karena tagline wisata daerah memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana strategi Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan pariwisata berbasis tagline “Taste of Padang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang di dapat di lapangan, dilakukan menggunakan teknik triangulasi sumber. Kemudian untuk pemilihan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Landasan teori yang menjadi pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori inti strategi yang dikemukakan oleh Richard P. Rumelt yang terdiri dari diagnosis, kebijakan penuntun dan tindakan koheren. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat telah memenuhi ketiga variabel dari teori inti strategi yang dikemukakan oleh Richard P. Rumelt tersebut, sehingga sudah dapat dikatakan sebagai good strategy. Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat telah melakukan pelaksanaan strategi dalam upaya pengembangan pariwisata berbasis tagline “Taste of Padang” dengan cukup baik, namun belum maksimal karena tidak adanya tindak lanjutan terkini berupa kegiatan jelas terhadap promosi tagline ‘’Taste of Padang’’ dalam beberapa tahun belakangan ini. Adapun strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan pariwisata berbasis tagline “Taste of Padang” yaitu dengan melakukan sosialisasi,penyuluhan sadar wisata dan juga promosi melalui logo “Taste of Padang” pada baliho,spanduk,banner,brosur, ataupun media cetak berupa koran serta media sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Yoserizal, M.Si Dr. Hendri Koeswara, S.IP , M.Soc.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Pengembangan Pariwisata; Tagline; Taste of Padang |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | S1 Administrasi Public |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467058 |
Actions (login required)
View Item |