Camila, Faiza (2024) Pembangunan Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web pada UPT Pusat Karir dan Konseling Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1_Cover_Abstrak_CamilaFaiza_1911523014_SistemInformasi.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
2_BAB_I_Pendahuluan_CamilaFaiza_1911523014_SistemInformasi.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
3_BAB_VI_Penutup_CamilaFaiza_1911523014_SistemInformasi.pdf - Published Version Download (46kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4_Daftar Pustaka_CamilaFaiza_1911523014_SistemInformasi.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
5_LAPORAN TA FULL - Watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (55MB) |
Abstract
Perguruan tinggi menggunakan tracer study untuk memperoleh umpan balik dari lulusan untuk mendapatkan gambaran kompetensi yang diperoleh selama pendidikan serta menganalisis perbedaan dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja (Putra et al., 2021). Menurut Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), tracer study dinilai penting karena dapat menjadi alat evaluasi kinerja perguruan tinggi dan telah dijadikan salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk pengajuan proposal akreditasi. Pelaksanaan tracer study di Universitas Andalas menjadi tanggung jawab Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir dan Konseling. UPT Pusat Karir dan Konseling menggunakan aplikasi X untuk pengelolaan tracer study yang dibeli dari pihak ketiga pada tahun 2021. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi ini. UPT Pusat Karir dan Konseling tidak memiliki akses untuk melakukan perbaikan dan pengembangan aplikasi. Perbaikan dan pengembangan dilakukan penuh oleh pihak ketiga, sehingga UPT Pusat Karir dan Konseling harus mengajukan dokumen permohonan terlebih dahulu. Namun, respon dari pihak ketiga terbilang lamban sehingga harus menunggu dalam waktu yang lama. Sebagai akibatnya, UPT Pusat Karir dan Konseling tidak dapat merespons perubahan kebutuhan dengan cepat, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan yang terus berkembang, yaitu mengintegrasikan pelaksanaan tracer study ditingkat perguruan tinggi dan program studi, serta mengirimkan reminder pengisian secara massal. Oleh karena itu, diperlukan pembangunan sistem informasi tracer study yang dapat memberikan akses secara penuh untuk perbaikan dan pengembangan secara mandiri. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah metode waterfall. Pengujian sistem menggunakan metode black box testing pada keseluruhan fungsional sesuai dengan rancangan awal sistem. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa semua fungsional berjalan dengan baik. Sehingga, pembangunan sistem informasi tracer study pada UPT Pusat Karir dan Konseling Universitas Andalas telah berhasil dibangun agar dapat melakukan perbaikan dan pengembangan secara mandiri, untuk dapat menyesuaikan kebutuhan yang berkembang pada UPT Pusat Karir dan Konseling Universitas Andalas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Husnil Kamil, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Tracer Study, Alumni, Sistem Informasi, Web, Universitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi |
Depositing User: | s1 sistem informasi |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:20 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/467019 |
Actions (login required)
View Item |