Ade, Iqbal (2024) Pembangunan Sistem Informasi Evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version Download (78kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (110kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (66kB) |
|
Text (Full Tugas Akhir)
SKRISI FULL TEXT ADE IQBAL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Kurikulum merupakan pedoman bagi perguruan tinggi untuk menjalankan kegiatan perkuliahan agar dapat berjalan dengan terstruktur dan memperoleh hasil yang terukur. Pada tahun 2021 Program Studi Sistem Informasi Universitas Andalas telah mengganti kurikulum yang digunakan dari kurikulum 2016 menjadi kurikulum 2021 berbasis Outcome Based Education (OBE). OBE merupakan sistem pendidikan yang berfokus pada hasil dan hasil tersebut tertuang dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Adanya pergantian kurikulum yang dilakukan oleh Program Studi Sistem Informasi mengharuskan program studi untuk menghitung nilai CPL mahasiswa. Dalam pelaksanaannya, proses perhitungan dan pengelolaan nilai CPL mahasiswa yang berjalan di Program Studi Sistem Informasi masih menggunakan metode semi komputerisasi. Proses perhitungan dan pengelolaan CPL yang masih dilakukan dengan cara tersebut menyebabkan kemungkinan terjadinya kesalahan seperti human error, kesalahan teknis, dan masalah pengelolaan data. Dampak lainnya adalah proses monitoring dan evaluasi CPL menjadi terlambat dan tidak efisien. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka perlu dibangun suatu sistem informasi yang mampu menghitung dan mengelola nilai CPL serta evaluasi CPL. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem informasi ini adalah metode waterfall. Metode yang digunakan untuk pengujian sistem informasi ini adalah metode black box testing pada keseluruhan fungsional sistem. Berdasarkan pengujian yang dilakukan memperoleh hasil yang sesuai dengan rancangan sistem sehingga mampu menjawab pemasalahan yang terjadi terkait proses perhitungan dan pengelolaan nilai CPL serta evaluasi CPL pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Andalas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Husnil Kamil, M.T |
Uncontrolled Keywords: | Otucome Based Education, Capaian Pembelajaran Lulusan, Evaluasi, Sistem Informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | s1 sistem informasi |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:09 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:09 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466974 |
Actions (login required)
View Item |