GAMBARAN KUANTITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RAWAT INAP OBSTETRI-GINEKOLOGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PADA BULAN OKTOBER-DESEMBER TAHUN 2018

Muhammad, Ridho Bilhaq (2019) GAMBARAN KUANTITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DI RAWAT INAP OBSTETRI-GINEKOLOGI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PADA BULAN OKTOBER-DESEMBER TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Resistensi antibiotik semakin mengkhawatirkan dan angka kejadiannya meningkat di seluruh dunia. Sebagai salah satu program pencegahan dan pengendalian resistensi antibiotik, pemerintah Indonesia meregulasi agar setiap rumah sakit untuk melakukan analisis kuantitatif penggunaan antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas penggunaan antibiotik di rawat inap Obstetri-Ginekologi RSUP Dr. M. Djamil Padang Oktober-Desember 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif yang dilakukan dengan mengambil data sekunder dari rekam medik pasien, yang dilakukan pada bulan Maret-April 2019. Penelitian ini menggunakan Define Daily Dose sebagai metode perhitungan kuantitas penggunaan antibiotik menurut rekomendasi WHO. Sampel penelitian berjumlah 142 pasien yang dilakukan dengan metode total sampling. Hasil penelitian menunjukkan antibiotik terbanyak yang digunakan pada periode Oktober-Desember 2018 adalah seftriakson yaitu pada 87 orang (47,8%) dengan frekuensi penggunaan tunggal pada 62 pasien dan penggunaan antibiotik kombinasi terbanyak adalah seftriakson-metronidazol pada 23 kasus. Setelah dilakukan analisis hitung kuantitas didapatkan penggunaan tertinggi yaitu seftriakson yaitu 283,15 DDD/100 Patient-Days, sedangkan yang terendah adalah amoksisilin yaitu 1,86 DDD/100 Patient-Days.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Gestina Aliska, Sp.FK
Uncontrolled Keywords: Analisis kuantitatif, Define Daily Dose, Resistensi antibiotik
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Jul 2019 15:40
Last Modified: 17 Jul 2019 15:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46695

Actions (login required)

View Item View Item