LAHVANYA, SEYKARAN (2019) GAMBARAN FRAKTUR TULANG PADA PASIEN KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DIPERIKSA DI BAGIAN FORENSIK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (526kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (515kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (533kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan melibatkan kenderaan atau pemakai jalan lainnya, mengakibatkan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Salah satu bentuk morbiditas yang paling banyak adalah fraktur tulang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran fraktur tulang pada pasien kecelakaan lalu lintas yang diperiksa di bagian Forensik RSUP Dr. M. Djamil Padang, mencakup jumlah kasus fraktur tulang pada pasien kecelakaan lalu lintas berdasarkan usia, jenis kelamin, kategori pengguna jalan, lokasi fraktur, jumlah fraktur dan jenis fraktur. Penelitian ini merupakan deksriptif cross-sectional dengan cara mengumpulkan data sekunder yang diambil dari rekam medis pasien yang mengalami fraktur tulang akibat kecelakaan lalu lintas yang diperiksa di bagian forensik RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling. Pada penelitian ini didapatkan bahwa jumlah penderita terbanyak terdapat pada kelompok usia 17 − 25 tahun ( n=134, 25,9%) dan lebih banyak dialami oleh laki-laki ( n=388, 74,9%). Kategori pengguna jalan yang banyak mengalami kecelakaan lalu lintas adalah pengendara sepeda motor (n=409, 79,0%). Fraktur paling banyak di dapatkan pada tulang tibia ( n=105, 13,7%). Fraktur lebih banyak didapatkan di bagian kanan (n=313, 61,4%) dan single fracture (n=343, 66,2%) lebih banyak daripada multiple fracture. Jenis fraktur tertutup (n=672, 87,5%) lebih banyak daripada fraktur terbuka. Penelitian ini menggambarkan pola fraktur tulang berdasarkan beberapa variabel. Hasil dari penelitian ini dapat membantu mengontrol faktor-faktor yang dapat meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas. Kata Kunci: kecelakaan lalu lintas, fraktur tulang, VeR, forensik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. dr. Rika Susanti, Sp.F |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 12:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 12:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46652 |
Actions (login required)
View Item |