Penentuan Kandungan Flavonoid, Fenolik, dan Aktivitas Antioksidan dari Daun, Batang, serta Akar Empat Jenis Tanaman Tradescantia

Afifah, Nurul Afifah (2024) Penentuan Kandungan Flavonoid, Fenolik, dan Aktivitas Antioksidan dari Daun, Batang, serta Akar Empat Jenis Tanaman Tradescantia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berbagai jenis penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit neurodegeneratif disebabkan karena adanya radikal bebas di dalam tubuh manusia. Radikal merupakan molekul yang memiliki salah satu elektron yang tidak berpasangan. Salah satu senyawa yang dapat menangkal radikal bebas yaitu antioksidan. Salah satu sumber antioksidan yaitu dari bahan alami seperti tanaman genus Tradescantia. Bagian daun dari Tradescantia banyak digunakan sebagai obat kanker, penyakit kelamin, batuk, wasir, dan anti tumor hal ini dikarenakan daun Tradescantia mengandung senyawa metabolit sekunder seperti saponin, tanin, terpenoid, flavonoid, alkaloid, dan kumarin. Minimnya informasi mengenai kandungan flavonoid, fenolik total, dan aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH dan MPM pada bagian daun, batang, serta akar Tradescantia, maka dari itu tujuan dari penelitian yaitu menentukan kandungan flavonoid, fenolik total, dan aktivitas antioksidan dari daun, batang, serta akar empat jenis tanaman Tradescantia dan korelasinya. Setiap bagian tanaman yang telah dipisahkan diekstrak dengan metode infundansi menggunakan pelarut akuades. Penentuan kandungan flavonoid total menggunakan metode aluminium klorida (AlCl3) dan kandungan fenolik total menggunakan metode Folin-Ciocalteau. Penentuan aktivitas antioksidan menggunakan metode 2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl (DPPH) dan Modified Phenantroline Method (MPM). Kandungan flavonoid total tertinggi diperoleh pada bagian akar Tradescantia zebrina yaitu sebesar 4,807±0,149 mg QE/g FW. Sementara itu, kandungan fenolik tertinggi diperoleh pada bagian batang Tradescantia spathacea sebesar 2,071±0,166 mg GAE/g FW. Aktivitas antioksidan tertinggi didapatkan pada bagian daun T.zebrina sebesar 5,184±0,165 mg AAE/g FW. Berdasarkan uji ANOVA didapatkan kandungan fenolik, flavonoid, serta aktivitas antioksidan total terhadap bagian tanaman dan jenis tanaman berbeda nyata. Kandungan fenolik dan flavonoid total pada bagian batang setiap tanaman Tradescantia menunjukkan korelasi cukup kuat dengan r=0,5909. Aktivitas antioksidan total pada bagian batang tanaman Tradescantia berkorelasi sangat kuat terhadap kandungan fenolik total dengan r=0,9924. Korelasi kuat juga didapati pada aktivitas antioksidan total antara metode DPPH dan MPM pada bagian daun tanaman Tradescantia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yefrida
Uncontrolled Keywords: Flavonoid total, fenolik total, Tradescantia, MPM, DPPH.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 07 May 2024 03:13
Last Modified: 07 May 2024 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466352

Actions (login required)

View Item View Item