ANALISIS PRAKTIK PENERAPAN HALAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT GUNA MENCAPAI SUSTAINABLE PERFORMANCE PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH PANGAN DI KOTA PADANG

Muhammad, Zaky Almazidan (2024) ANALISIS PRAKTIK PENERAPAN HALAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT GUNA MENCAPAI SUSTAINABLE PERFORMANCE PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH PANGAN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Tugas Akhir_M Zaky Almazidan_2010933025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rantai pasok halal yaitu memastikan seluruh kegiatan mulai dari pasokan bahan baku atau bahan setengah jadi dijual dan disdistribusikan ke produsen dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang halal. Rendahnya pengetahuan dan komitmen IKM-IKM pangan di Kota Padang menjadi landasan dalam penelitian yang dilakukan untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh dalam penerapan rantai pasok halal. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk menguji variabel-variabel dalam penerapan halal supply chain management terhadap sustainable performance pada IKM pangan di Kota Padang yang dilihat dari dimensi economic sustainable, social sustainable, dan environmental sustainable. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) menggunakan software SmartPLS. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu IKM-IKM pangan yang ada di Kota Padang. Penelitian menggunakan taraf signifikansi 0,1% dengan nilai t-statistic sebesar 1,289 (df = 102). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel permintaan produk halal dan integrasi mitra rantai pasok dalam penerapan rantai pasok halal terhadap kinerja berkelanjutan IKM pangan di Kota Padang. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan aspek yang paling berpengaruh dari dimensi kinerja berkelanjutan pada IKM pangan di Kota Padang yaitu aspek ekonomi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam analisis faktor yang mendukung kesuksesan dalam penerapan rantai pasok halal bagi sebuah industri pangan, terutama pada IKM pangan di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Nilda Tri Putri, Ph.D, IPU, ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: Halal, IKM, Kinerja Berkelanjutan, Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS), Supply Chain Management (SCM).
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 07 May 2024 03:31
Last Modified: 07 May 2024 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466340

Actions (login required)

View Item View Item