TINGKAT SERANGAN Zucchini Yellow Mosaic Virus (ZYMV) PADA TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) DI KOTA PADANG DAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Fadli, Fadli (2024) TINGKAT SERANGAN Zucchini Yellow Mosaic Virus (ZYMV) PADA TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) DI KOTA PADANG DAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (BAB V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Zucchini Yellow Mosaic Virus (ZYMV) adalah salah satu virus paling penting yang menyebabkan penyakit mosaik pada tanaman Cucurbitaceae di seluruh dunia, yang dapat menyebabkan penurunan hasil panen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat serangan ZYMV pada tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan penentuan lokasi sampel dengan cara acak bertingkat. Lokasi sampel terdiri dari tiga kecamatan pada masing-masing kabupaten/kota. Masing- masing kecamatan dipilih satu nagari/kelurahan dan diambil satu lahan. Untuk menghitung kejadian penyakit dan keparahan penyakit sampel tanaman diambil secara acak sistematis. Variabel yang diamati adalah gejala penyakit, kejadian penyakit, keparahan penyakit, kepadatan populasi vektor, masa inkubasi serta identifikasi vektor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit ZYMV telah tersebar di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman dengan kejadian penyakit 65,00% dan 77,50% dan keparahan penyakit 5,26% dan 7,36%. Kejadian penyakit tertinggi di Kota Padang adalah di Kecamatan Kuranji 72,50% dengan keparahan penyakit 6,40%, sedangkan di Kabupaten Padang Pariaman di Kecamatan Lubuk Alung dengan kejadian penyakit 92,50% dan keparahan penyakit 9,20%. Serangga vektor yang ditemukan di semua lokasi sampel adalah Aphis gossypii dengan rata-rata kepadatan populasi 16,81 ekor/tanaman di Kota Padang dan 21,54 ekor/tanaman di Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Martinius, MS
Uncontrolled Keywords: kejadian penyakit, keparahan penyakit, Aphis gossypii, kepadatan populasi vektor
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 May 2024 03:55
Last Modified: 06 May 2024 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466336

Actions (login required)

View Item View Item