Strategi Pengembangan Kelompok Tani Usaha Maju Dengan Metode Analysis Hierarchy Process (AHP) di Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Rahmi, hamidah (2024) Strategi Pengembangan Kelompok Tani Usaha Maju Dengan Metode Analysis Hierarchy Process (AHP) di Nagari Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (bab 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Full text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Komoditas jagung adalah salah satu tanaman umum yang dibudidayakan di Nagari Koto Gadang Guguak Kabupaten Solok, sehingga budidaya tanaman jagung ini sudah tidak asing lagi ditanam secara turun temurun. Meskipun tanaman jagung ini belum optimal, namun dari waktu kewaktu akan terus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Stategi Pengembangan Kelompok Tani Usaha Maju di Kabupaten Solok. Penelitian ini mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, merumuskan alternatif strategi menggunakan analisis SWOT, kemudian dilanjutkan dengan penyususnan hierarki menggunakan analisis AHP. Hasil analisis internal dan eksternal menunjukkan bahwa Kelompok Tani Usaha Maju memiliki lima kekuatan, dua kelemahan, empat peluang dan dua ancaman. Luas lahan untuk pengembanagn cukup besar dan memiliki kecocokan tanah menjadi subfaktor terpenting dari kekuatan; pencatatan keuangan yang belum baik menjadi subfaktor terpenting dari kelemahan; perkembangan teknologi informasi menjadi subfaktor terpenting dalam peluang dan serangan hama dan penyakit menjadi subfaktor terpenting dalam ancaman. Startegi prioritas yang dapat dilakukan dalam pengembangan Kelompok Tani Usaha Maju berdasarkan hasil analisis AHP yaitu Mengembangakan produksi dengan peningkatan kualitas baik dari hasil produksi dan dari sarana produksi serta kuantitas. Kata kunci: Analysis Hierarchy Process, Kelompok Tani Usaha Maju, Strategi Penngembangan, SWOT

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Faidil Tanjung, S.P,Msi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 06 May 2024 02:50
Last Modified: 06 May 2024 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466321

Actions (login required)

View Item View Item