FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA ANAK (12-24 BULAN) DI NAGARI MUARA PANAS WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA PANAS KABUPATEN SOLOK

Rahmi, Aulia Adrul (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA ANAK (12-24 BULAN) DI NAGARI MUARA PANAS WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA PANAS KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK_RAHMI AULIA ADRUL.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_RAHMI AULIA ADRUL.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII_RAHMI AULIA ADRUL.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI RAHMI AULIA ADRUL_2011311013_FIXS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tahun 2022 masih ada 5% atau sekitar 240.000 anak di Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Tujuan umum imunisasi di Indonesia yaitu untuk menurunkan angka kesakitan, kematian, dan kecacatan akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status imunisasi dasar lengkap pada anak (12-24 bulan) di Nagari Muara Panas wilayah kerja Puskesmas Muara Panas Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini yaitu ibu yang mempunyai anak usia 12-24 bulan sebanyak 92 orang dengan pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner tentang status pekerjaan ibu, pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan 64,1% responden tidak bekerja (ibu rumah tangga), 87% responden berpengetahuan baik, 51,1% memiliki sikap postif, dan 71,7% responden mendapat dukungan baik dari keluarga. Berdasarkan hasil analisis bivariat menggunakan uji chi-square didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan nilai (p<0,000), serta tidak terdapat hubungan antara status pekerjaan ibu (p=0,930) dengan status imunisasi dasar lengkap pada anak (12-24 bulan) di Nagari Muara Panas wilayah kerja Puskesmas Muara Panas. Diharapkan puskesmas meningkatkan edukasi tentang pentingnya imunisasi dan dukungan keluarga terhadap kelengkapan imunisasi pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp.,M.PH
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Pengetahuan, Sikap, Status Imunisasi Dasar Lengkap, Status Pekerjaan ibu
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 06 May 2024 02:21
Last Modified: 06 May 2024 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466298

Actions (login required)

View Item View Item