Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Hasil Pengusulan Warga Untuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Fadhlullah, Ahmad (2024) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Hasil Pengusulan Warga Untuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Full)
LAPORAN TUGAS AKHIR gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemiskinan adalah ketika seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup seperti kekurangan materi atau pendapatan. bantuan yang diberikan pemerintah sangat banyak, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bansos, Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), adalah bagian dari program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Tujuan DTKS adalah untuk membantu orang miskin memenuhi kebutuhan sehari-hari. Studi kasus ini dilakukan di Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, di mana pengambilan keputusan masih dilakukan secara manual, yang membutuhkan waktu yang lama, dengan sekitar 80.000 warga. Selain itu dinas sosial juga menetapkan tenggat waktu untuk pengumpulan datanya. Untuk menghasilkan keputusan yang lebih akurat, dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam memberikan rekomendasi kepada warga yang lolos DTKS. Sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam memberikan rekomendasi kepada warga yang lolos DTKS harus dibangun untuk menghasilkan keputusan yang lebih akurat. metode TOPSIS adalah salah satu metode sistem pendukung keputusan, yang akan menghitung nilai kriteria untuk setiap alternatif, yang akan menghasilkan peringkat warga yang layak mendapatkan bantuan. Studi ini mempelajari cara menggunakan Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan warga yang layak lolos DTKS. Kriteria yang digunakan termasuk penghasilan, luas bangunan, status tempat tinggal, listrik, sumber air minum, bahan bakar utama untuk memasak, dan jumlah tanggungan. Dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan, penelitian ini dapat membantu petugas sosial mandiri di kelurahan mengidentifikasi warga yang layak untuk DTKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, TOPSIS, Petugas Sosial Mandiri, Kelurahan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 06 May 2024 03:05
Last Modified: 06 May 2024 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466296

Actions (login required)

View Item View Item