Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Voluntary Counseling and Testing (VCT) pada Populasi Kunci HIV/AIDS di Kota Padang

Muhammad, Usamah Prasetiyo (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Voluntary Counseling and Testing (VCT) pada Populasi Kunci HIV/AIDS di Kota Padang. Diploma thesis, Univertsitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka..pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi Fulltext..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah kasus HIV di Kota Padang mengalami peningkatan di tahun 2022, yaitu sebanyak 286 orang. Dari hasil kunjungan layanan VCT di puskesmas se-Kota Padang ditemukan sebanyak 112 kasus HIV+ yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan VCT pada populasi kunci HIV/AIDS yang ada di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. populasi penelitian ini adalah seluruh populasi kunci HIV/AIDS di Kota Padang, diantaranya WPS, LSL, waria, dan penasun. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok populasi kunci yang sudah pernah memanfaatkan layanan VCT dalam 2 tahun terakhir dan yang belum pernah memanfaatkan layanan VCT, jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 135 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa nilai p-value yang diperoleh dari variabel pengetahuan, sikap, sarana dan prasarana membuktikan bahwa adanya hubungan dengan pemanfaatan VCT (p=0,000, p=0,000, p=0,000). Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan kegiatan pelayanan dengan fokus pada pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif kepada populasi kunci HIV/AIDS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 May 2024 07:08
Last Modified: 07 May 2024 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466291

Actions (login required)

View Item View Item