FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS PADA KECELAKAAN KONSTRUKSI DALAM PEMASANGAN GIRDER JEMBATAN

FELYA, AULIA (2022) FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS PADA KECELAKAAN KONSTRUKSI DALAM PEMASANGAN GIRDER JEMBATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
TEKNIK TEKNIK SIPIL 2022 FELYA AULIA 1810923038.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kecelakaan konstruksi pada pemasangan girder jembatan disebabkan oleh kegagalan konstniksi. dimana kegagalan konsiruksi tersebul terdiri dari kegagalan teknis. kegagalan tnanajemen. dan kegagalan manusia sehingga berdampak pada manusia, lingkungan, publik. dan harta benda Uniuk mcncegah teijadinya kecelakaan konstmksi yang,merug»kan twrbkgai inAa d^pat dilakuksn analisis failure mode and effect analysis (FMEA) pada kasus-kanjs kecdakaan konstruksi yang telah tcijadi. Tugas akhit ini bet^juan ui^ mei^BUimaansasikan penyebab kegagalan konstntksi pada pemasangan girder jembatan Pembahasan pada tugas akhir ini adaiah menginvestigasi dan menganatisis kasus-kasus kecelAaan konstruksi di Indonesia sd>anyak 6 kaaus dan kasus kecelakaan konstniksi di Dunia yang bersumber dari l««l inpeka yang dilakukan oleh OSHA scbanyak 2 kasus. Befdasarkan hadl invcstigaa. k^agalan teknis terjadi karena bracing tidak kuat dan; kkku, kegagalan mwajcmen terjadi karena pengawasan dan pengecdtan yang tidak memadat pada saat pelaksanaan pekerjaao di i^HUigan, dan kegagalan manusia teijadi karent kurang telitinya ten^ kerja melakukan pcketjaannya di inpangin Hasil penelitian dari tu^ akhir ini merupakan gambar dari aaaal diagram berdasarkan cnnslraini nnponse analysis of causation of cottstracHon acciJeiU (CRACCA) otodel. kemudian dilakukan validasi kqieda para praklisi agar dapai moigetahui kevaiidan dari dafiar causalfactor dan causal diagram dari hasil analisis kasus kecelakan konstruksi. Setelah validasi dilakukan. maka diperoleh bahwa tingkat potensi terjadinya kegagalan teknis adalah 28%, kegagalan manajemen adalah 35%, dan kegagalan manusia adaiah 34%. Kemudian, penilaian causa! diagram menurut para praktisi sudah tepat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. AKHMAD SURAJI,M.T.,Ph.D.,IPM
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Konstruksi. Girder. Causal Diagram. Causal Factor. Failure Mode
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Monalisa Fitri Andres
Date Deposited: 03 May 2024 03:08
Last Modified: 03 May 2024 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466267

Actions (login required)

View Item View Item