Pengaruh Optimisme terhadap Psychological Distress pada Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Kota Padang

Putri, Nabilla Rizqa (2024) Pengaruh Optimisme terhadap Psychological Distress pada Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover_Abstrak_Skripsi Putri Nabilla Rizqa.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I_Skripsi Putri Nabilla Rizqa.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V_Skripsi Putri Nabilla Rizqa.pdf - Published Version

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Skripsi Putri Nabilla Rizqa.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI PUTRI NABILLA RIZQA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh optimisme terhadap psychological distress pada narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIB Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Responden dalam penelitian ini berjumlah 124 narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIB Padang, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Life Orientation Test-Revised (LOT-R) dari Utami (2019) dan alat ukur The Kessler Psychological Distress Scale (K10) dari Kessler (2002). Reliabilitas pada skala optimisme yaitu sebesar .743 dan pada skala psychological distress sebesar .935. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa optimisme memiliki pengaruh yang signifikan terhadap psychological distress pada narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIB Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar .000 (p< .05) dan nilai koefisien R2 (R-square) sebesar .041. Dapat diartikan bahwa optimisme mempengaruhi psychological distress sebesar 4,1%, sedangkan sisanya yaitu 95,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Puspasari, M.Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Narapidana wanita, optimisme, psychological distress
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 03 May 2024 08:25
Last Modified: 03 May 2024 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466260

Actions (login required)

View Item View Item