Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Desa Wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota Berbasis Web

Athifah, Zahra (2024) Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Desa Wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan desa wisata merupakan salah satu program unggulan pemerintah untuk membangkitkan kembali industri pariwisata yang hancur akibat Covid-19. Program unggulan dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berguna untuk menunjukkan potensi desa kepada calon wisatawan. Desa wisata Saribu Gonjong merupakan salah satu desa wisata yang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat. Desa wisata Saribu Gonjong menyajikan keindahan alam, adat yang kental serta kearifan lokal. Ketersediaan informasi dan lokasi yang jauh membuat desa wisata Saribu Gonjong kurang dikenal oleh para wisatawan. Selain itu, jaringan internet yang tidak terjangkau membuat kawasan desa wisata Saribu Gonjong mengalami hambatan dalam mempromosikan desa wisatanya. Disamping permasalahan umum, permasalahan yang dialami desa wisata adalah pemesanan paket wisata yang dilakukan secara konvensional melalui platform WhatsApp atau datang langsung menuju desa wisata. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai penunjang penyebaran informasi desa wisata dan dilengkapi dengan fitur-fitur spasial. Pembangunan aplikasi menggunakan metode riset dan pengembangan. Riset yang dilakukan berupa identifikasi keunikan desa dan kebutuhan pengguna. Metode waterfall digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi. Tujuan pembangunan ini adalah untuk memudahkan wisatawan mendapatkan informasi wisata di Saribu Gonjong, baik informasi spasial maupun informasi non-spasial serta informasi paket wisata. Pembangunan aplikasi ini menghasilkan aplikasi SIG untuk desa wisata Saribu Gonjong di Kabupaten Lima Puluh Kota (Sumatra Barat, Indonesia) berbasis web. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgninter, basis data MySQL, dan peta Google Maps untuk menampilkan informasi spasial yang interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Saribu Gonjong, SIG berbasis Web, Waterfall
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 06 May 2024 07:19
Last Modified: 06 May 2024 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466196

Actions (login required)

View Item View Item