Hubungan Faktor Sosiodemografi, Sumber Informasi, dan Faktor Dukungan Suami Wanita Usia Subur terhadap Penerimaan Pemeriksaan Tes IVA di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang Tahun 2023

Putri, Aqischa Cahyani (2024) Hubungan Faktor Sosiodemografi, Sumber Informasi, dan Faktor Dukungan Suami Wanita Usia Subur terhadap Penerimaan Pemeriksaan Tes IVA di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Kanker serviks merupakan penyebab kematian utama pada wanita usia subur di negara-negara berkembang. Tes IVA menjadi pemeriksaan untuk mendeteksi dini lesi pra kanker serviks. Cakupan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA di Indonesia masih rendah dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi WUS melakukan pemeriksaan IVA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor sosiodemografi, sumber informasi, dan faktor dukungan suami wanita usia subur terhadap penerimaan pemeriksaan tes IVA di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang, pada tahun 2023. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Desember 2023. Populasi penelitian ini adalah wanita usia subur yang berada di wilayah kerja Puskesmas Padang Pasir, Kota Padang dengan jumlah 100 orang responden. Metode pengambilan sampel menggunakan cara consecutive sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Data diolah dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil dan Kesimpulan : Hasil analisis data didapatkan tidak terdapat hubungan usia (p=0,395), pendidikan (p=0,141), pekerjaan (p=0,735), dan tingkat sosial ekonomi (p=0,520) terhadap penerimaan pemeriksaan tes IVA, terdapat hubungan sumber informasi (p=0,004) dan dukungan suami (p=0,023) terhadap penerimaan pemeriksaan tes IVA, dan tidak terdapat hubungan penerimaan dengan keikutsertaan WUS dalam pemeriksaan tes IVA (p=0,195).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Aladin, Sp.OG, Subsp.Obginsos, MPH
Uncontrolled Keywords: IVA, wanita usia subur, kanker serviks, penerimaan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:34
Last Modified: 24 Apr 2024 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466064

Actions (login required)

View Item View Item