HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN JENIS PEKERJAAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN COVID-I9 PADA ERA NEW NORMAL

SITRA AFERTA, YENIZA (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN JENIS PEKERJAAN DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN COVID-I9 PADA ERA NEW NORMAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
FISIP SOSIOLOGI 2021 SITRA AFERTA YENIZA 1710813017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Munculnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19), berdampak terhadap kehidupan masyarakat baik kehldupan ekonomi maupun kehidupan sosial masyarakat. Dengan adanya Virus Corona, pemerintah membuat suatu kebijakan dengan tujuan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus, yaitu kebijakan protokol kesehatan pada Era Normal Baru, seperti : memakai masker saat ke tempat umum, menjaga jarak saat dikerumunan, dan mencuci tangan serta membawa hand sanitizer saat keluar rumah. Kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan Covid-19 sangatlah penting, untuk mencegah penyebaran virus. Dilihat pada kehidupan sehari-hari masih banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan kebijakan tersebut. Demikian penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan, dan jenis pekerjaan masyarakat dengan tingkat kepatuhannya terhadap protokol kesehatan Covid-19 pada Era New Normal ini. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif korelasional, sampel penelitian ini mengunakan teknik proportional stratified random sampling dan teknik random sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori paradigma fakta sosial dengan fokus kajian pada teori struktural fungsional secara umum yang dipelopori oleh Emile Durkheim. Pada penelitian ini, dapat dilihat berdasarkan hasil uji Chi-Square, bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan seseorang dengan tingkat kepatuhannya terhadap protokol kesehatan Covid-19. Masyarakat yang berpendidikan tinggi, lebih patuh dalam menjalanakan kebijakan protokol kesehatan daripada masyarakat yang berpendidikan rendah. Tingginya pendidikan seseorang, berdampak pada cara berfikir dan presepsi yang dimilikinya. Selain itu, jenis pekerjaan juga memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepatuhan mereka dengan prtotokol kesehatan Covid-19. Bagaimapun, orang yang bekerja dibidang formal lebih dituntut untuk mengikuti peraturan yang ditetapkan di tempat keija. Oleh karena itu, mereka lebih patuh dalam menjalankan protokol kesehatan, dibandingkan orang yang bekerja di sektor informal yang tidak memiliki peraturan khusus dalam menjalankan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. WAHYU PRAMONO, M.SI Dr. Maihasni. M. Si
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Jenis pekerjaan, Tingkat Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Monalisa Fitri Andres
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:20
Last Modified: 23 Apr 2024 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466058

Actions (login required)

View Item View Item