STUDI OPTIMASI REGENERASI IN VITRO DAN TRANSFORMASI GENETIK DNA SATELIT GEMINIVIRUS MENGGUNAKAN Agrobacterium tumefaciens PADA CABAI (Capsicum annuum L.)

Saipul, Sihotang (2019) STUDI OPTIMASI REGENERASI IN VITRO DAN TRANSFORMASI GENETIK DNA SATELIT GEMINIVIRUS MENGGUNAKAN Agrobacterium tumefaciens PADA CABAI (Capsicum annuum L.). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5. Kesimpulan dan Saran)
BAB 5. Kesimpuan dan Saran.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS_SAIPULSIHOTANG_S2BIOTEKNOLOGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode yang efisien pada regenerasi in vitro dan transformasi genetik gen DNA satelit ke dalam genom tanaman cabai. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni: 1. Studi regenerasi in vitro cabai genotype Lotanbar. 2. Seleksi kalus dengan Kanamicin. 3. Studi Transformasi genetik DNA satelit, 4. Seleksi dan pengujian kalus transforman yang mengandung gen DNA satelit. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Data hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif dan eksperimental, data analisis secara statistik menggunakan sidik ragam satu arah dan dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf P= 0,05 menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1. media induksi kalus terbaik yaitu 4,0 mg/L BAP + 0,5 mg/L IAA dengan kecepatan pembentukan kalus (hari), persentase kalus yang terbentuk, dan rataan kalus yang terbentuk yaitu 4,33 hari, 96,67 %, dan 9,67 kalus, 2. Media regenerasi terbaik yaitu 1,0 mg/L BAP + 0,5 mg/L IAA dengan kecepatan pembentukan tunas (hari), dan persentase tunas yang terbentuk yaitu 12,67 hari dan 42,87 %, 3. Media seleksi kalus terbaik yaitu MIK (media induksi kalus terbaik) + 8,0 mg/L kanamicin dengan persentase kalus yang terbentuk yaitu 5 %, 4. Metode transformasi genetik terbaik yaitu kerapatan bakteri (OD600 ) 0,5, umur ko-kultivasi 3 hari, waktu inokulasi 15 menit, dan umur eksplan 15 hari kultur dengan efisiensi transformasi yaitu 40 %. Analisis PCR menunjukkan bahwa kalus tersebut merupakan kalus transgenik yang mengandung gen DNA satelit dengan ukuran 1351 bp.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. sc. agr. Ir. Jamsari, M.P
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 bioteknologi bioteknologi
Date Deposited: 15 Jul 2019 16:31
Last Modified: 15 Jul 2019 16:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46605

Actions (login required)

View Item View Item