Hubungan Intensitas Aktivitas Fisik dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Hanifah, Emilia Salwi (2024) Hubungan Intensitas Aktivitas Fisik dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
3. Penutup.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
5. SKRIPSI HANIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aktivitas fisik merupakan setiap gerakan tubuh yang dihasilkan otot rangka dan membutuhkan energi. Aktivitas fisik dengan intensitas yang ringan hingga sedang berperan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tetapi ketika dilakukan dengan intensitas yang tinggi, siklus menstruasi pada wanita dapat terganggu. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan energi sehingga menyebabkan supresi GnRH. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan intensitas aktivitas fisik dengan siklus menstruasi pada mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan total sampel 131 sampel yang telah sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2023 – Januari 2024 menggunakan kuesioner IPAQ dan gangguan menstruasi. Hasil data dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan 54,2% responden mengalami intensitas aktivitas fisik tinggi. Responden dengan gangguan menstruasi didapatkan sebanyak 33,6%. Hasil analisis intensitas aktivitas fisik dengan siklus menstruasi didapatkan nilai p = 0,424 (p-value >0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas aktivitas fisik dengan siklus menstruasi pada mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Afriwardi, S.H, M.A, Sp.KO.Subsp.APK(K)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas fisik, siklus menstruasi, IPAQ
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:30
Last Modified: 02 Apr 2024 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465911

Actions (login required)

View Item View Item