ANALISIS USAHA PUPUK ORGANIK PADA PERUSAHAAN PERORANGAN (PO) SAHABAT TANI DI JORONG GUNUANG NAGARI TANJUNG ALAM KECAMATAN TANJUNG BARU KABUPATEN TANAH DATAR

Fariz, Al Zacky (2024) ANALISIS USAHA PUPUK ORGANIK PADA PERUSAHAAN PERORANGAN (PO) SAHABAT TANI DI JORONG GUNUANG NAGARI TANJUNG ALAM KECAMATAN TANJUNG BARU KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Full Skripsi)
FullSKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Perusahaan Perorangan (PO) Sahabat Tani yang meliputi gambaran usaha, aspek operasional, aspek pemasaran, dan aspek keuangan serta mengetahui keuntungan dan titik impas usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan perhitungan keuangan menggunakan metode variable costing. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan pengelola PO. Sahabat Tani dan diambil dari literatur yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PO. Sahabat Tani adalah usaha yang bergerak dibidang sarana produksi pertanian yang mengolah kotoran hewan menjadi pupuk organik dengan tenaga kerja sebanyak 4 orang. Pada aspek operasional, aktivitas produksi usaha ini sudah berjalan dengan baik walaupun terkadang mengalami kendala ketersediaan modal untuk pembelian bahan baku ketika harga naik. Pemasaran dilakukan secara tidak langsung melalui pedagang pengecer dan secara langsung di pabrik, serta diantar langsung ke alamat konsumen. Metode promosi dari mulut ke mulut oleh konsumen. Pada aspek keuangan, modal usaha ini berasal dari dana pribadi sebesar Rp. 30.000.000 dan dalam pencatatan keuangan masih melakukan pencatatan keuangan sederhana. PO. Sahabat Tani memperoleh laba pada periode Desember 2023 sebesar Rp. 3.503.783 dengan titik impas sebesar 24.416,83 Kg atau Rp. 24.822.952,86. PO. Sahabat Tani berada di atas titik impas. Disarankan kepada perorangan usaha Sahabat Tani untuk lebih meningkatkan kapasitas produksi dan melakukan pencatatan keuangan sesuai dengan kaidah pencatatan akuntansi yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yusmarni, S.P., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Keuntungan, Pupuk Organik Sahabat Tani, Titik Impas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:38
Last Modified: 02 Apr 2024 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465904

Actions (login required)

View Item View Item