Gambaran Keberadaan Telur Soil-Transmitted Helminth Pada Kotoran Kuku Jari Tangan Anak Panti Asuhan Di Wilayah Padang Oktober-Desember Tahun 2023

Siti, Nadira Ramadhani (2024) Gambaran Keberadaan Telur Soil-Transmitted Helminth Pada Kotoran Kuku Jari Tangan Anak Panti Asuhan Di Wilayah Padang Oktober-Desember Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Judul dan abstrak)
judul-abstrak skripsi _compressed.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_fix.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi ¬Soil-transmitted helminth adalah salah satu penyakit tropis terabaikan dengan prevalensi terbanyak diderita oleh anak usia pra-sekolah dansekolah. Salah satu faktor penyebaran infeksi STH yaitu kebersihan kuku tangan yang kurang dijaga, terutama pada fasilitas yang dipakai bersama seperti di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengambilan data primer di Panti Asuhan Al-Falah, Panti Asuhan Anak Mentawai Gurun Laweh, dan Yayasan Kanzul Ulum Pasia Nan Tigo pada Oktober hingga Desember 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling dan total sampel berjumlah 123. Seluruh sampel diperiksa secara mikroskopis menggunakan metode sedimentasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat sebesar 1,6% sampel tekontaminasi telur A. lumbricoides dan 0,8% sampel terkontaminasi telur cacing tambang. Kesimpulan penelitian ini adalah terindentifikasinya telur STH di kuku jari tangan anak panti asuhan di wilayah Padang yang berperan sebagai sumber penularan infeksi STH. Oleh sebab itu, diperlukan tindakan promotif dan preventif sebagai langkah pencegahan infeksi STH pada anak-anak panti asuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Selfi Renita Rusjdi, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kebersihan kuku, Infeksi STH, anak panti asuhan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:08
Last Modified: 27 Mar 2024 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465837

Actions (login required)

View Item View Item