Deteksi Mutasi Gen Voltage Gated Sodium Channels dan Identifikasi Resistensi Insektisida Piretroid pada Nyamuk Aedes albopictus di Sungai Petani, Malaysia.

Indah, Umairah Binti Abdul Rahim (2024) Deteksi Mutasi Gen Voltage Gated Sodium Channels dan Identifikasi Resistensi Insektisida Piretroid pada Nyamuk Aedes albopictus di Sungai Petani, Malaysia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Bab VI. Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sungai Petani merupakan salah satu daerah hotspot dengue di Malaysia. Nyamuk Aedes albopictus di daerah tersebut berkembang biak di daerah-daerah perumahan sehingga menimbulkan spekulasi bahwa spesies nyamuk hutan ini telah beradaptasi dengan lingkungan perkotaan. Resistensi terhadap insektisida merupakan salah satu bentuk adaptasi dan dapat berlaku dengan berbagai mekanisme yang diantaranya mutasi genetik pada target site. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi mutasi gen VGSC dan mengidentifikasi resistensi insektisida piretroid pada nyamuk Ae. albopictus di Sungai Petani, Malaysia. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain post dan kontrol. Susceptibility test telah dilakukan pada 320 sampel nyamuk Ae. albopictus yang dibagi menjadi dua bagian dengan rincian 30 nyamuk untuk masing-masing jenis insektisida piretroid. Deteksi mutasi dilakukan secara uji molekuler dengan metode polimeration chain reaction (PCR), lalu dilanjutkan dengan proses sekuensing DNA pada 4 kelompok sampel nyamuk yang dipilih yaitu MLS_7C, MLS_P1M, P10H dan USM-1. Hasil empat kelompok sampel yang dipilih tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan asam amino yang terjadi di target site gen VGSC. Sedangkan pada sampel MLS_P1M, didapatkan hasil data sekuen yang hanya mengubah kodon TTC menjadi TTT pada base pair 127-129. Kesimpulannya, tidak ditemukan titik mutasi F1534C pada sampel nyamuk Ae. albopictus Sungai Petani, Malaysia namun telah ditemukan bahwa terjadinya variasi genetik yang dikenali sebagai synonymous mutation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiwati, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Aedes albopictus, deteksi mutasi, insektisida piretroid
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:59
Last Modified: 22 Mar 2024 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465802

Actions (login required)

View Item View Item