ANALISIS FAKTOR ADOPSI STANDAR HALAL DAN TRACEABILITY SYSTEM TERHADAP PENERAPAN SISTEM JAMINAN HALAL PADA IKM PANGAN KOTA PADANG

Ikhsan, Rapi Saputra (2024) ANALISIS FAKTOR ADOPSI STANDAR HALAL DAN TRACEABILITY SYSTEM TERHADAP PENERAPAN SISTEM JAMINAN HALAL PADA IKM PANGAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Full Teks Skripsi)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah telah menetapkan regulasi produk halal pada UU No 33 Tahun 2014, adanya regulasi ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah IKM halal di Indonesia. Hasil pendataan jumlah IKM pangan di Kota Padang periode 2021-2023 terdata sebanyak 7888. Sementara itu, BPJPH mendata sebanyak 2959 IKM yang telah bersertifikat halal di Kota Padang. Pada studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh bahwa masih kurangnya kesadaran dari beberapa IKM terhadap kualitas dan halal awareness. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif IKM dalam adopsi standar halal serta pengaruh traceability system dalam kepatuhan IKM dalam menjalankan Sistem Jaminan Halal (SJH) pada IKM Pangan di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah IKM yang telah tersertifikasi halal. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebesar 105 IKM Pangan di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS). SEM-PLS merupakan suatu teknik alternatif pada analisis SEM dimana data yang digunakan tidak harus berdistribusi normal multivariat. Analisis PLS dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 3.0 Hasil penelitian menunjukkan motif adopsi standar pangan halal dipengaruhi secara signifikan oleh regulasi pemerintah dan komitmen organisasi. Adopsi standar pangan halal memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepatuhan IKM terhadap Sistem Jaminan halal. Sementara itu, traceability system sebagai variabel moderasi tidak berpengaruh signifikan dalam penerapan Sistem Jaminan Halal pada IKM Pangan di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Nilda Tri Putri, PhD, IPU, ASEAN Eng
Uncontrolled Keywords: Adopsi Halal, IKM, Pangan, PLS-SEM, SJH, Traceability System
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:54
Last Modified: 22 Mar 2024 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465791

Actions (login required)

View Item View Item