Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja pada Tangan Pekerja Cleaning Service di RSUP DR. M. Djamil Padang

Salwa, Azzahra (2024) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dermatitis Kontak Akibat Kerja pada Tangan Pekerja Cleaning Service di RSUP DR. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dermatitis kontak akibat kerja (DKAK) adalah salah satu penyakit akibat kerja yang paling umum terjadi di dunia. Penyakit akibat kerja di rumah sakit dapat menyerang semua tenaga kerja, baik tenaga medis maupun non medis seperti pekerja cleaning service. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian DKAK pada tangan pekerja cleaning service di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross-sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan instrumen berupa kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28 dari 77 responden mengalami DKAK (36,4%). Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa faktor jenis kelamin (p=0,000) dan penggunaan pelembab (p=0,017) memiliki hubungan yang signifikan terhadap kejadian DKAK. Sedangkan, faktor usia (p=0,725), masa kerja (p=0,492), lama kontak (p=0,862), riwayat penyakit kulit (p=0,176), riwayat atopi (p=0,421), dan lama penggunaan APD (p=0,119) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian DKAK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dan penggunaan pelembap dengan kejadian DKAK pada tangan pekerja cleaning service di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Gardenia Akhyar, Sp.D.V.E, Subsp.D.A.I, FINSDV, FAADV
Uncontrolled Keywords: cleaning service, dermatitis kontak, faktor risiko
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:55
Last Modified: 19 Mar 2024 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465770

Actions (login required)

View Item View Item