Hubungan Cedera Kulit Kepala dengan Perdarahan Intrakranial pada Pasien Kecelakaan Lalu Lintas yang Dikonsulkan ke Bagian Forensik RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2018

Putra, Muhammad Gagaz Azandri (2019) Hubungan Cedera Kulit Kepala dengan Perdarahan Intrakranial pada Pasien Kecelakaan Lalu Lintas yang Dikonsulkan ke Bagian Forensik RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama dari kasus cedera kepala. Istilah cedera kepala umumnya menggambarkan cedera yang terjadi pada kulit kepala, tengkorak, rahang atas dan bawah, indra penciuman, penglihatan, dan pendengaran, serta otak. Kulit kepala merupakan jaringan lunak dengan daya lindung yang besar. Tengkorak yang terlindungi oleh kulit kepala dapat menahan benturan hingga 425-900 pon/ inci². Pada trauma kepala, cedera kulit kepala sebagian besar terkait dengan perdarahan intrakranial, sehingga pencitraan diagnostik seperti CT Scan dan MRI harus dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cedera kulit kepala dengan perdarahan intrakranial pada pasien kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah 158 sampel. Data diperoleh dari data rekam medis pasien kecelakaan lalu lintas dengan cedera kepala yang dikonsulkan ke Bagian Forensik RSUP Dr. M Djamil Padang tahun 2018. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini adalah dari 158 sampel (114 (72,2%) laki-laki dan 44 (27,8%) perempuan), perdarahan intrakranial terdapat pada 100 (87,0%) sampel dengan cedera kulit kepala dan 28 (65,1%) sampel tanpa cedera kulit kepala. Jenis perdarahan intrakranial yang terjadi adalah EDH 43 kejadian (28,1%), SAH 42 kejadian (27,5%), SDH 35 kejadian (22,9%), dan ICH 33 kejadian (21,6%). Analisis data hubungan antara cedera kulit kepala dengan perdarahan intrakranial didapatkan nilai p = 0,004. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara cedera kulit kepala dengan perdarahan intrakranial pada pasien kecelakaan lalu lintas. Kata kunci: Kecelakaan lalu lintas, Cedera kulit kepala, Perdarahan intrakranial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Citra Manela, Sp. F
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 15 Jul 2019 16:33
Last Modified: 15 Jul 2019 16:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46577

Actions (login required)

View Item View Item