Gambaran Format dan Kelengkapan Pengisian Sertifikat Kematian di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Fikri, Alhafizd Marwin (2024) Gambaran Format dan Kelengkapan Pengisian Sertifikat Kematian di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Sertifikat Medis Penyebab Kematian (SMPK) atau sertifikat kematian adalah surat yang dibuat oleh rumah sakit serta diisi oleh dokter penanggung jawab untuk menerangkan bahwa seseorang telah meninggal. Format baku dan petunjuk pengisian sertifikat kematian di Indonesia dikeluarkan oleh Badan Litbangkes Kemenkes Republik Indonesia. Dalam penerapannya, beberapa rumah sakit di Indonesia membuat sertifikat kematian yang tidak sesuai dengan format baku dan tidak mengikuti petunjuk pengisian yang telah dikeluarkan oleh Badan Litbangkes Kemenkes RI sehingga sering didapatkan pengisian sertifikat kematian yang tidak lengkap Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan format sertifikat kematian RSUP Dr. M. Djamil Kota Padang dengan peraturan Kementerian Kesehatan serta melihat persentase tingkat kelengkapan pengisian sertifikat kematian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif dengan pendekatan studi cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di bagian forensik RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan jumlah sampel sebanyak 100 sertifikat kematian. Instrumen yang digunakan adalah lembar check list yang berisikan format SMPK dari Kemenkes dan SMPK RSUP Dr. M. Djamil Padang, kemudian dianalisis dengan analisis univariat. Hasil dari penelitian ini adalah persentase kesesuaian format sertifikat kematian dengan format baku dari Kemenkes RI sebesar 56,67 %, persentase kelengkapan pengisian sertifikat kematian bagian identifikasi pada kategori lengkap sebesar 0%, persentase kelengkapan pengisian bagian laporan penting terkait kematian pada kategori lengkap sebesar 95%, persentase kelengkapan pengisian bagian autentikasi pada kategori lengkap sebesar 96%, persentase kelengkapan pengisian berdasarkan review kualitas pencatatan pada kategori jelas sebesar 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah format SMPK yang dikeluarkan RSUP Dr. M. Djamil belum sesuai dengan format baku dari Kemenkes dan SMPK yang dikeluarkan belum diisi secara lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rika Susanti, Sp.FM(K)
Uncontrolled Keywords: Sertifikat Medis Penyebab Kematian, Sertifikat Kematian, Kematian, Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan, RSUP Dr. M. Djamil Padang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:01
Last Modified: 13 Mar 2024 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465697

Actions (login required)

View Item View Item