KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA TANAH PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica olerasea L. var. italica) YANG DIBERI PERLAKUAN BEBERAPA JENIS INSEKTISIDA

Deanandawarman, Deanandawarman (2023) KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA TANAH PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica olerasea L. var. italica) YANG DIBERI PERLAKUAN BEBERAPA JENIS INSEKTISIDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1_compressed.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V_compressed.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text (Tugas akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Arthropoda merupakan kelompok hewan yang berperan penting dalam ekosistem pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Arthropoda tanah pada tanaman brokoli yang diberi perlakuan beberapa jenis insektisida. Penelitian keanekaragaman Arthropoda tanah di pertanaman Brokoli dilakukan di Jorong Kandang Diguguak, Nagari Koto Laweh, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 4 perlakuan (Insektisida nabati formulasi nanoemulsi, Bioinsektisida Bacillus thuringiensis, Insektisida sintetik Abastar, dan Kontrol) serta 6 ulangan yang diaplikasi dengan beberapa jenis insektisida pada selang waktu satu minggu saat tanaman berumur 21 Hari Setelah Tanam (HST) hingga 70 (HST). Sampel Arthropoda tanah dikumpulkan menggunakan metode perangkap jebak (pitfall trap) pada 72 titik yang mewakili seluruh perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keanekaragaman Arthropoda tanah pada tanaman brokoli yang diberi perlakuan beberapa jenis insektisida berbeda tidak nyata antar perlakuan. Identifikasi lebih lanjut terhadap sampel Arthropoda tanah di lapangan menunjukan bahwa keanekaragaman Arthropoda tanah tergolong rendah (0,28 - 1,68), sedangkan kemerataan Arthropoda tanah tergolong sedang (0,15 - 0,76). Arthropoda tanah yang ditemukan di pertanaman brokoli termasuk ke dalam 9 Ordo dan 27 Famili, jenis Arthropoda tanah yang dominan ditemukan yaitu ordo Diptera Famili Sciaridae dan ordo Collembola Famili Tomoceridae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arneti,MS
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, lapangan, nabati, pestisida, perlakuan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:04
Last Modified: 05 Mar 2024 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465657

Actions (login required)

View Item View Item