RESPON BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr) DENGAN JUMLAH DAUN BERBEDA PADA PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK NPKMg

Indri, Yanti (2024) RESPON BIBIT AREN (Arenga pinnata Merr) DENGAN JUMLAH DAUN BERBEDA PADA PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK NPKMg. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text
BAB AKHIR (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aren (Arenga pinnata Merr) merupakan tanaman perkebunan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Tanaman aren adalah tanaman tahunan yang hampir keseluruhan bagiannya bisa digunakan untuk kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara bibit aren dengan jumlah daun berbeda dan pemberian beberapa dosis pupuk NPKMg, mendapatkan respon bibit aren dengan jumlah daun berbeda pada pertumbuhan tanaman aren, dan mendapatkan dosis pupuk NPKMg yang terbaik pada pertumbuhan bibit aren. Percobaan ini telah dilakukan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, pada bulan Mei sampai Agustus 2023. Rancangan yang di gunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah jumlah daun berbeda yang terdiri dari tiga taraf yaitu : bibit aren 2 daun tunggal, bibit aren 1 daun tunggal dan 1 daun majemuk, dan bibit aren 1 daun tunggal, 1 daun majemuk dan 1 bakal daun masih menguncup dan faktor kedua adalah dosis pupuk NPKMg dengan4 taraf perlakuan yaitu : 0 g/tanaman, 2 g/tanaman, 4 g/tanaman, dan 6 g/tanaman. Data dianalisis dengan uji F pada taraf nyata 5%. Jika F hitung perlakuan lebih besar dari pada F tabel, maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara jumlah daun berbeda dan pemberian pupuk NPKMg pada pertumbuhan bibit tanaman aren, bibit aren dengan jumlah daun 1 daun tunggal dan 1 daun majemuk, dan bibit aren 1 daun tunggal, 1 daun majemuk dan 1 bakal daun masih menguncup lebih baik dari bibit aren 2 daun tunggal, dan belum didapatkan dosis terbaik dari pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan tanaman aren yang berasal dari bibit dengan jumlah daun berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, M.S
Uncontrolled Keywords: bibit aren, jumlah daun, pupuk NPKMg bibit aren, jumlah daun, pupuk NPKMg bibit aren, jumlah daun, pupuk NPKMg
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Mar 2024 11:46
Last Modified: 04 Mar 2024 11:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465645

Actions (login required)

View Item View Item