SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BAHAN BAKU KULIT TERBAIK UNTUK PRODUK DOMPET MENGGUNAKAN METODE INTEGRASI AHP-TOPSIS (STUDI KASUS: IKM CELTER LEATHER TANAH DATAR)

Desrilia, Putri Utami (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BAHAN BAKU KULIT TERBAIK UNTUK PRODUK DOMPET MENGGUNAKAN METODE INTEGRASI AHP-TOPSIS (STUDI KASUS: IKM CELTER LEATHER TANAH DATAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (FULL TEKS SKRIPSI)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi Kerajinan Kulit di Indonesia telah mencapai tingkat yang signifikan, dengan industri kerajinan kulit menjadi salah satu subsektor industri pengolahan nonmigas yang tumbuh pesat. Di tengah kinerja positif industri kulit, produk dompet kulit menarik perhatian masyarakat sebagai aksesoris yang tidak hanya berfungsi untuk menyimpan uang dan kartu, tetapi juga sebagai penunjang gaya hidup. Produk dompet kulit memiliki keunggulan dalam hal keawetan, elegansi, dan kualitas, yang telah meningkatkan permintaan pasar baik di dalam maupun luar negeri. Namun, pelaku industri kerajinan kulit, seperti IKM Celter Leather di Tanah Datar, menghadapi tantangan dalam memilih bahan baku kulit yang sesuai. Saat ini, proses pemilihan bahan baku kulit masih dilakukan secara konvensional, mengandalkan pengalaman dan intuisi pemilik usaha, yang cenderung tidak efektif dan rentan terhadap bias serta kesalahan. Hal ini telah menyebabkan inkonsistensi produk dan dapat merusak reputasi usaha serta kepercayaan pelanggan. Oleh karena itu, dibangunlah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu IKM Celter Leather dalam memilih bahan baku kulit terbaik untuk produk kerajinan dompet. Pembangunan SPK ini menggunakan metode integrasi AHP-TOPSIS, yang merupakan gabungan dari Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Kriteria yang digunakan dalam pemilihan bahan baku kulit melibatkan aspek-aspek penting yang berkaitan dengan kualitas produk, seperti elastisitas, tekstur, ketebalan kulit, durabilitas, kekuatan, dan tampilan. Hasil dari penelitian ini berupa SPK yang memberikan rekomendasi berharga bagi IKM Celter Leather dan industri serupa dalam pemilihan bahan baku kulit yang optimal untuk produksi dompet dengan metode integrasi AHP-TOPSIS. Kata Kunci: Kerajinan Kulit, Dompet Kulit, Bahan Baku, Sistem Pendukung Keputusan, AHP-TOPSIS

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kerajinan Kulit, Dompet Kulit, Bahan Baku, Sistem Pendukung Keputusan, AHP-TOPSIS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 04 Mar 2024 10:39
Last Modified: 04 Mar 2024 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465637

Actions (login required)

View Item View Item