KOMUNIKASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG

MURYADI, EKO PRIYANTO (2024) KOMUNIKASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG. Masters thesis, UNAND.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover pak eko.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I eko.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB VI pak eko.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA pak eko.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text
Tesis Akhir_Muryadi Eko Priyanto_2120862024 (Turnitin 1)(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi pelayanan publik yang efektif diperlukan untuk mengoptimalkan pelayanan terpadu satu pintu. Penelitian bertujuan menganalisis aliran pesan komunikasi, hambatan komunikasi, serta media komunikasi pada optimalisasi pelayanan terpadu satu pintu Kantor Kementerian Agama Kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan Teori informasi organisasi Karl Weick. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, teknik analisis data interaktif Miles Huberman, pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pada optimalisasi pelayanan terpadu satu pintu melalui komunikasi dawn ward, upward dan horisontal berjalan cukup baik dan menghasilkan inovasi baru pada pelayanan terpadu satu pintu yaitu akan diterapkannya sistem antrian digital dan tanda tangan digital”. Pada aktivitas komunikasi tersebut masih ditemukan hambatan berupa hambatan teknis, terbatasnya pemanfaatan sarana prasarana, hambatan perilaku dan sikap pegawai yang kurang memiliki sense of mission. Media komunukasinya antara lain: surat tertulis (nota dinas, memorandum, surat perintah), papan pengumuman, pengeras suara, media sosial, telepon kantor, handphone, media cetak; banner, poster, sticker. Pada aktivitas komunikasi tersebut masih ditemukan hambatan berupa hambatan teknis, terbatasnya pemanfaatan sarana prasarana, hambatan perilaku dan sikap pegawai yang kurang memiliki sense of mission. Media komunukasinya antara lain: surat tertulis (nota dinas, memorandum, surat perintah), papan pengumuman, pengeras suara, media sosial, telepon kantor, handphone, media cetak; banner, poster, sticker. Kantor Kementerian Agama Kota Padang diharapkan meningkatkan intensitas komunikasi, mengoptimalkan pemanfaatan media komunikasi internal dan eksternal serta menunjuk pengelola dan penanggungjawab media komunikasi agar komunikasi pada optimalisasi pelayanan terpadu satu pintu kedepannya semakin efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si Dr. Sarmiati, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:25
Last Modified: 04 Mar 2024 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465596

Actions (login required)

View Item View Item