Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Agrowisata di Desa Wisata Kampung Berseri Astra di Jorong Tabek Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok

Saputra, Yuda (2024) Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Agrowisata di Desa Wisata Kampung Berseri Astra di Jorong Tabek Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK (2).pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I-(1710273005)-YUDA SAPUTRA-SKRIPSI PENELITIAN-16-21.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V-(1710273005)-YUDA SAPUTRA-SKRIPSI PENELITIAN-79-80.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-(1710273005)-YUDA SAPUTRA-SKRIPSI PENELITIAN-81-83.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Agrowisata banyak dikenal sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Salah satu prinsip pengembangan agrowisata yang berkelanjutan adalah adanya partisipasi masyarakat. partisipasi masyarakat merupakan salah satu penentu bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis tingkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan agrowisata di Desa Wisata Kampung Berseri Astra di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok, dan (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pengembangan agrowisata di Desa Wisata Kampung Berseri Astra di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo Kabupaten Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat tergabung dalam anggota Agrowisata Desa Wisata Kampung Berseri Astra, Jorong Tabek, Talang Babungo dengan jumlah sampel 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan agrowisata di Desa Wisata Kampung Berseri Astra Tabek Talang Babungo secara keseluruhan dalam pengembangan Agrowisata tergolong berada pada kategori tinggi. Baik pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pemanfaatan hasil. Namun, di tahap evaluasi berada pada kategori sedang. Pada hasil uji analisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat, diketahui bahwa faktor usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, pendapatan, lama tinggal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi masyarakat. Namun, faktor kepemimpinan dan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ira Wahyuni Syarfi, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:54
Last Modified: 04 Mar 2024 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465593

Actions (login required)

View Item View Item