ANALISIS CAMPURAN LARUTAN GULA DENGAN AIR KELAPA DAN PERASAN JERUK NIPIS TERHADAP MUTU BUNGA MAWAR POTONG (Rosa hybrida)

NOVER, INDAH BURAHMI (2024) ANALISIS CAMPURAN LARUTAN GULA DENGAN AIR KELAPA DAN PERASAN JERUK NIPIS TERHADAP MUTU BUNGA MAWAR POTONG (Rosa hybrida). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB1.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (FULL)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Bunga mawar potong merupakan produk bunga mawar yang banyak diminati. Bunga mawar potong memiliki permasalahan yaitu lama kesegaran yang singkat. Salah satu cara untuk mempertahankan mutu bunga mawar potong adalah dengan pemberian larutan perendaman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menentukan konsentrasi terbaik campuran larutan gula dengan penambahan air kelapa dan ekstrak jeruk nipis untuk mempertahankan mutu bunga mawar potong. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan analisis datanya menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 2 faktor perlakuan yaitu air kelapa dan perasan jeruk nipis dengan 8 kombinasi perlakuan. Konsentrasi perlakuan terdiri dari air kelapa 0% dan 40% serta air perasan jeruk nipis 0%, 20%, 25% dan 30%. Berdasarkan hasil penelitian, pemberian larutan pengawet berpengaruh nyata terhadap pengamatan kesegaran, kemekaran, pH, larutan terserap dan tidak berpengaruh nyata pada pengamatan uji mikroba. Perlakuan K1N2 yaitu kombinasi air kelapa 40% dan air perasan jeruk nipis 25% adalah perlakuan terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dinah Cherie, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bunga Mawar, Larutan, Mutu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: S1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:40
Last Modified: 04 Mar 2024 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465569

Actions (login required)

View Item View Item