PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK NPK DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.)

Nabila, Fitri (2024) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK NPK DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.). Diploma thesis, Andalas University.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy

Abstract

Cabai merah merupakan salah satu tanaman sayuran penting di Indonesia yang kebutuhannya terus meningkat sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu dilakukan peningkatan produksi. Peningkatan produksi cabai dapat dilakukan dengan mengembangkan budidaya cabai di polybag untuk pekarangan yang sempit. Pemberian dosis pupuk NPK yang tepat dan pengaturan komposisi media tanam diharapkan dapat meningkatkan produktivitas cabai merah di polybag. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara pemberian beberapa dosis pupuk NPK dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah terbaik, mendapatkan dosis pupuk NPK dan komposisi media tanam yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Penelitian telah dilaksanakan di Rumah Kawat, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dari bulan Maret sampai Agustus 2023. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama yaitu dosis pupuk NPK 300, 400, dan 500 kg/ha. Faktor yang kedua adalah komposisi media tanam tanah ultisol : pupuk kandang sapi : cocopeat dengan perbandingan 2:1:1, 2:2:1, dan 2:1:2. Data dianalisis dengan uji F dan apabila nilai F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjukan dengan uji DNMRT taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara dosis pupuk NPK dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah, pemberian pupuk NPK dengan dosis 400 kg/ha memberikan pengaruh lebih baik pada peubah jumlah cabang dikotom dan jumlah buah pertanaman, komposisi media tanam 2:2:1 memberikan pengaruh terbaik pada tinggi tanaman, umur berbunga, jumlah buah per tanaman dan bobot buah per tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS
Uncontrolled Keywords: cabai, dosis NPK, media tanam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:48
Last Modified: 04 Mar 2024 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465526

Actions (login required)

View Item View Item