Pengaruh Tebal Tumpukan Daun Serai Wangi (Cymbopogon nardus (L) Rendle) Pada Perlakuan Dengan Oven Microwave Terhadap Peningkatan Rendemen Minyak Serai Wangi

Nofita, Chintya Br.Sirait (2024) Pengaruh Tebal Tumpukan Daun Serai Wangi (Cymbopogon nardus (L) Rendle) Pada Perlakuan Dengan Oven Microwave Terhadap Peningkatan Rendemen Minyak Serai Wangi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
SKRIPSI NOFITA CHINTYA SIRAIT bab I.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
SKRIPSI NOFITA CHINTYA SIRAIT Bab V.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI NOFITA CHINTYA SIRAIT daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skrispsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (44MB) | Request a copy

Abstract

Serai wangi merupakan salah satu tanaman perkebunan penghasil minyak atsiri yang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi. Serai wangi dapat diolah menjadi minyak atsiri melalui proses distilasi dengan perlakuan pendahuluan menggunakan metode oven microwave dapat mempercepat proses ekstraksi serta dapat meningkatkan rendemen dan memperhitungkan harga jual yang ideal terhadap minyak serai wangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tebal tumpukan daun serai wangi (Cymbopogon nardus (L) Rendle) pada perlakuan dengan oven microwave terhadap peningkatan rendemen minyak serai wangi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah tebal tumpukan daun serai wangi dengan pemaparan oven microwave selama 5 menit yaitu p1 (kontrol), P2 (Tebal tumpukan 5 helai), P3 (Tebal tumpukan 10 helai), P4 (Tebal tumpukan 15 helai), P5 (Tebal tumpukan 20 helai), P6 (Tebal tumpukan 25 helai).Data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan analisis Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tebal tumpukan daun serai wangi dengan pemaparan oven microwave berpengaruh nyata terhadap rendemen minyak serai wangi. Penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tebal tumpukan daun serai wangi dengan pemaparan oven microwave berbeda nyata terhadap rendemen minyak serai wangi, semakin tebal tumpukan daun serai wangi saat dipaparkan maka rendemen serai wangi akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim
Uncontrolled Keywords: Serai Wangi, Rendemen, Microwave
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:45
Last Modified: 06 Mar 2024 01:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465512

Actions (login required)

View Item View Item