Tingkat serangan kepik pengisap (Helopeltis spp.) pada kakao (Theobroma cacao L.) Klon ICS 60 dan Klon TSH 858 di Nagari Piobang dan Sungai Talang Kabupaten 50 Kota

Suci, Hermanda (2024) Tingkat serangan kepik pengisap (Helopeltis spp.) pada kakao (Theobroma cacao L.) Klon ICS 60 dan Klon TSH 858 di Nagari Piobang dan Sungai Talang Kabupaten 50 Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (4).pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Full Text Skripsi (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kakao (Theobroma cacao L.) adalah komoditas perkebunan penting di banyak negara dan pasar pangan internasional. Salah satu hama utama yang menyerang tanaman kakao adalah Helopeltis spp., yang menyebabkan penurunan produksi hingga 50-60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat serangan hama Helopeltis spp. pada dua Klon, yaitu Klon ICS 60 dan TSH 858. Penelitian dilakukan di kebun milik CV Scorpio dan di kebun Kelompok Tani Inovasi, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Metode dalam penelitian ini metode survei dengan cara pengambilan sampel secara acak sistematis (Systematic random sampling). Kriteria kebun kakao yang dijadikan tanaman sampel memiliki luas kebun ± 1 ha dan 2 jenis Klon, yaitu Klon TSH 858 dan ICS 60. Paramater yang diamati adalah presentase buah terserang, presentase letak buah terserang, dan presentase ukuran buah terserang. Berdasarkan jenis Klon, tingkat serangan Helopeltis spp. lebih tinggi pada Klon ICS 60 dibanding dengan TSH 858. Tingkat serangan Helopeltis spp. lebih tinggi pada buah kakao yang berukuran >7 cm, dan terletak di cabang sekunder. Kata Kunci: Helopeltis spp., Intensitas Serangan, Kakao, Klon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:11
Last Modified: 04 Mar 2024 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465509

Actions (login required)

View Item View Item