PROFIL METAGENOMIK BAKTERI ENDOFIT AKAR AKASIA HITAM (Acacia mearnsii De Wild.) DI ALAHAN PANJANG SUMATERA BARAT DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KESUBURAN TANAH

Mhd. Mishbah, As Shiddiq (2024) PROFIL METAGENOMIK BAKTERI ENDOFIT AKAR AKASIA HITAM (Acacia mearnsii De Wild.) DI ALAHAN PANJANG SUMATERA BARAT DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KESUBURAN TANAH. Diploma thesis, Andalas University.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Full Skripsi Mishbah 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Acacia mearnsii De Wild. merupakan salah satu tanaman invasif yang termasuk dalam keluarga Mimosaceae dengan kemampuan untuk bersimbiosis dengan bakteri endofit pengikat nitrogen tanah. Kemampuan tersebut secara signifikan dapat berkontribusi pada pertumbuhan, perkembangan tanaman, memperbaiki kualitas dan kesuburan tanah. Identifikasi komunitas bakteri berbasis metagenomik sudah umum diterapkan untuk mempelajari komunitas mikroba di alam secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi keanekaragaman bakteri endofit yang hidup di akar akasia hitam dan mengetahui pengaruh bakteri endofit pada akar akasia hitam terhadap kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. Sampel tanah kontrol dan akar akasia yang ditanam di Alahan Panjang dikoleksi pada umur 45 dan 90 hari setelah tanam. Analisis metagenomik dilakukan melalui amplikon sekuensing dengan target gen 16S rRNA pada daerah V3-V4 menggunakan platform Next Generation Sequencing (NGS) dan teknologi Illumina Hiseq 2000. Hasil analisis metagenomik bakteri endofit pada akar akasia menunjukkan bahwa akar akasia memiliki keanekaragaman bakteri yang sedikit dibandingkan pada tanah kontrol. Komunitas bakteri pada akar akasia didominasi oleh bakteri genus Bradyrhizobium sebesar 91,34% dan 98,04%. Hasil analisis kimia tanah menunjukkan kandungan N-total pada tanah rizosfer lebih tinggi dibandingkan dengan tanah kontrol yang disebabkan tingginya kelimpahan relatif bakteri Bradyrhizobium pada akar Acacia mearnsii De Wild. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian lanjutan yaitu studi metagenomik fungsional dengan jangka waktu yang lebih lama dan ulangan yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.sc.agr.Ir. Jamsari, MP
Uncontrolled Keywords: Bintil akar, Bradyrhizobium, konservasi, MOTHUR, next generation sequencing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Mar 2024 08:10
Last Modified: 04 Mar 2024 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465505

Actions (login required)

View Item View Item