Pengaruh Konsentrasi Paclobutrazol dan Media Nutrisi KH2P04 Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L) Granola G0 Secara Aeroponik

Novia, Suryani Saragi (2024) Pengaruh Konsentrasi Paclobutrazol dan Media Nutrisi KH2P04 Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L) Granola G0 Secara Aeroponik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (FULL)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kentang (Solanum Tuberosum L.) merupakan salah satu komoditas andalan yang berperan sebagai tanaman alternatif non-padi yang berperan untuk mempertahankan swasembada pangan di Indonesia. Meskipun permintaan kentang di dalam negeri meningkat,jumlah produksinya masih harus memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Paclobutrazol dan media nutrisi KH2PO4 terhadap pertumbuhan dan hasil kentang Granola G0 yang dibudidayakan secara aeroponik. Percobaan dilaksanakan di Pusat Alih Teknologi dan Pengembangan Kawasan Pertanian PATPKP, Universitas Andalas yang berlokasi di Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Indonesia, ketinggian ± 1600 meter di atas permukaan laut, pada bulan Juni sampai September 2023. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Splitplot dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), dimana petak utama terdiri dari dua media nutrisi dan anak petak terdiri dari Konsentrasi Paclobutrazol. Media nutrisi dikategorikan menjadi dua jenis : media nutrisi satu dan media nutrisi dua, sedangkan konsentrasi Paclobutrazol dikategorikan menjadi tiga taraf: 0 ppm, 100 ppm, 150 ppm. Setiap unit Perccobaan ddiulang sebanyak tiga kali. Analisis data dilakukan dengan uji F taraf 5% dan dilanjutkan dengan uji Lanjut DNMRT pada taraf 5 % jika berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara komposisi media nutrisi dan Konsentrasi Paclobutrazol pada hasil yang diperoleh. Namun, konsentrasi 150 ppm menunjukkan pengaruh paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil kentang G0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS
Uncontrolled Keywords: Aeroponik, Konsentrasi, Granola G0, Media Nutrisi, Paclobutrazol.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:11
Last Modified: 04 Mar 2024 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465496

Actions (login required)

View Item View Item