DAMPAK PERHUTANAN SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI HUTAN KEMASYARAKATAN SOLOK RADJO NAGARI AIR DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Muhammad, Aqiel Aulia Rahman (2024) DAMPAK PERHUTANAN SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI HUTAN KEMASYARAKATAN SOLOK RADJO NAGARI AIR DINGIN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Perhutanan Sosial terhadap pendapatan masyarakat di kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Solok Radjo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode kuantitatif. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah identitas masyarakat, jumlah pendapatan masyarakat sebelum adanya perhutanan sosial, jumlah pendapatan masyarakat setelah adanya perhutanan sosial, jumlah pengeluaran rumah tangga masyarakat dalam satu tahun, hasil hutan yang diperoleh masyarakat, jumlah produksi yang diperoleh dari hasil ladang masyarakat dalam kawasan hutan, harga, penerimaan masyarakat dari hasil ladang, dan pendapatan yang diperoleh masyarakat. Untuk mengetahui sejauh mana perhutanan sosial merubah pendapatan masyarakat dari kawasan hutan dalam perhutanan sosial dilakukan dengan menggunakan Uji t-test berpasangan (Paired Sample t Test). Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa perhutanan sosial memberikan dampak positif terhadap pendapatan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Hutan Kemasyarakatan Solok Radjo Nagari Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, M.Sc, Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:28
Last Modified: 04 Mar 2024 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465482

Actions (login required)

View Item View Item