Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok Penyuluh Pertanian (Studi Kasus Balai Penyuluhan Pertanian Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya)

Saputra, Pebri (2024) Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok Penyuluh Pertanian (Studi Kasus Balai Penyuluhan Pertanian Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan tugas pokok penyuluhan pertanian di BPP Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung. Penelitian ini dilaksanakan di BPP Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dengan objek penelitian penyuluh pertanian yang ada di BPP Pulau Punjung. Analisis data yang digunakan dengan pengolahan data melalui analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, dan gambar, serta di jelaskan dengan kalimat sehingga data yang diperoleh dapat dipahami maksud dan maknanya. Data mengenai kegiatan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian akan dikelompokkan ke dalam tabel agar mempermudah peneliti dalam memilah kegiatan tersebut untuk menjadi sesuatu yang dapat dikelola, di pahami dan menemukan apa yang penting. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluh yang ada di BPP Pulau Punjung melaksanakan tugas pokok penyuluhan sesuai dengan Peraturan Bupati No 3 Tahun 2018 tentang Tugas Pokok Penyuluh Pertanian dengan rentang waktu April hingga Juni 2023. Penyuluh pertanian bisa melaksanakan 15 kegiatan dengan persentase 60% selama Bulan April, 13 kegiatan dengan persentase 52% pada Bulan Mei dan 9 kegiatan dengan persentase 36% selama Bulan Juli dari total 25 kegiatan Penyuluhan pertanian. Selain itu terdapat 10 kegiatan yang tidak dilaksankan dengan persentase 40% di Bulan April, 12 kegiatan penyuluhan dengan persentase 48% di Bulan Mei dan 16 kegiatan dengan persentase 64% di Bulan Juni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nuraini Budi Astuti, S.P., M. Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:05
Last Modified: 04 Mar 2024 02:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465436

Actions (login required)

View Item View Item