PENGARUH BEBERAPA DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN WAKTU PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SERAI DAPUR (Cymbopogon citratus)

Rahmad, Duta Utomo (2024) PENGARUH BEBERAPA DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN WAKTU PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SERAI DAPUR (Cymbopogon citratus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Serai dapur (Cymbopogon citratus) merupakan salah satu tanaman golongan rumput-rumputan (Gramineae) yang memiliki banyak manfaat seperti sebagai bumbu dapur, bahan makanan, obat-obatan dan aromaterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara dosis pupuk kandang ayam dan waktu penyiangan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman serai dapur, dan mendapatkan dosis pupuk kandang dan waktu penyiangan terbaik. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, dari bulan Maret sampai Juli 2023. Metode penelitian ini berbentuk percobaan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu dosis pupuk kandang ayam dengan 3 taraf yaitu 0 ton/ha, 20 ton/ha dan 40 ton/ha. Faktor kedua yaitu waktu penyiangan dengan 3 taraf yaitu tanpa penyiangan, 1 x 4 minggu dan 1 x 8 minggu. Data hasil percobaan dianalisis ragam dan jika Pr(>F) nilainya lebih kecil dari 0,05 maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara dosis pupuk kandang ayam dengan waktu penyiangan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman serai, pemberian dosis pupuk kandang ayam 20 ton/ha dan waktu penyiangan 1 x 4 minggu memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman serai dapur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: serai dapur, pupuk kandang ayam, waktu penyiangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:30
Last Modified: 04 Mar 2024 02:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465422

Actions (login required)

View Item View Item