ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN PELAKSANAAN PELAYANAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2023

Fitria, Suherni (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN PELAKSANAAN PELAYANAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2023. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abtrak fix.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full Tesis Fitria Suherni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan : Kunjungan pelayanan pemeriksaan ibu hamil di Kabupaten Pasaman Barat masih rendah yaitu 38,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan pelaksanaan pelayanan Antenatal Care pada ibu hamil di Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023. Metode : Penelitian ini adalah penelitian Mixed method Research dengan desain sequential explanatory. Penelitian menggunakan desain studi cross sectional dan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan Case study. Jumlah sampel pada penelitain adalah 60 responden di Kabupaten Pasaman Barat tahun 2023. Data kuantitatif dianalisis melalui analisis univariat, bivariat, dan multivariat serta data kualitatif dianalisis melalui analisis tematik Hasil : Hasil analisis menunjukkan 62,7% tidak melaksanakan pelayanan ANC lengkap. Terdapat hubungan yang signifikan antara paritas (p-value 0,023), akses (p-value 0,000), dan sikap petugas (p-value 0,001) dengan pelaksanaan pelayanan ANC di Kabupaten Pasaman Barat. Faktor yang paling dominan berhubungan dengan pelaksanaan pelayanan ANC di Kabuaten Pasaman Barat adalah akses. Keberhasilan pelaksanaan pelayanan AC dapat dilihat dari Pendekatan sistem menggunakan unsur-unsur yang meliputi unsur Input (tenaga, dana, sarana dan prasarana), Proses (pelayanan, pencatatan, pelaporan, monitoring dan evaluasi), serta Output Kesimpulan : Paritas, akses, dan sikap petugas berhubungan dengan kelengkapan pelaksanaan pelayanan ANC. Disarankan kepada ibu hamil agar selalu melaksanakan kunjungan ANC dan mendapatkan pelayanan ANC secara berkala agar kondisi Kesehatan ibu dan janin terpantau selamam kehamilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ade Suzana Eka Putri, SKM, M.Comm Health Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Faktor mempengaruhi, antenatal care, Kab.Pasaman Barat
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:54
Last Modified: 04 Mar 2024 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465420

Actions (login required)

View Item View Item