PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK TANI ASKEL DALAM KEGIATAN KLINIK PENGENDALIAN HAMA TERPADU (PHT) DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Thiara, Adinda Septika (2024) PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK TANI ASKEL DALAM KEGIATAN KLINIK PENGENDALIAN HAMA TERPADU (PHT) DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT) merupakan upaya yang dikembangkan pemerintah dalam rangka mengurangi pengunaan pestisida disektor pertanian. Penelitian ini mengkaji kegiatan klinik PHT di kelompok tani Askel di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Kemudian menilai tingkat partisipasi anggota kelompok tani Askel dalam kegiatan klinik PHT. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan di Klinik PHT adalah perencanaan (koordinasi antara koordinator PHT dan ketua kelompok tani Askel), pelaksanaan (pelatihan, bimbingan teknis, produksi awal APH, pengemasan dan perawatan), pemanfataan (dalam bentuk APH dan uang), monitoring dan evaluasi (penandaan pada produk, dan plang klinik PHT) hal tersebut belum sepenuhnya anggota kelompok tani Askel dan instansi terkiat ikutserta didalam kegiatan sehingga dibutuhkan partisipasi semua pihak agar tidak mengurangi manfaat dari kegiatan klinik PHT. Tingkat partsipasi anggota kelompok tani Askel pada kategori sedang dibuktikan dari hasil skor yang diperoleh 451 yang artinya belum sepenuhnya anggota kelompok tani ikut serta pada kegiatan klinik PHT. Dari hasil penelitian disarankan bahwa perlu ditingkatkan partisipasi anggota kelompok tani Askel dalam menjalankan kegiatan klinik PHT sesuai dengan harapan dan tujuan, kepada pemerintah provinsi Sumatera Barat Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan serta Balai Perlindungan Tanaman dan Hortikultura diharapkan bisa melakukan monitoring dan evaluasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ifdal, M.Sc
Uncontrolled Keywords: partisipasi, kelompok tani, klinik Pengendalian Hama Terpadu (PHT)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:49
Last Modified: 04 Mar 2024 01:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465373

Actions (login required)

View Item View Item