EVALUASI PENAMPILAN DAN VARIABILITAS SIFAT AGRO-MORFOLOGIS BEBERAPA VARIETAS OKRA (Abelmoschus esculentus (L.) Moench) INTRODUKSI

Trie, Riski Ismala (2024) EVALUASI PENAMPILAN DAN VARIABILITAS SIFAT AGRO-MORFOLOGIS BEBERAPA VARIETAS OKRA (Abelmoschus esculentus (L.) Moench) INTRODUKSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Abstrak).pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text
Text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text
Text (Full Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya keragaman plasma nutfah menjadi kendala dalam kegiatan pemuliaan tanaman okra di Indonesia. Introduksi varietas merupakan salah satu cara untuk memperoleh dan memperluas material genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sifat agro-morfologis beberapa varietas okra introduksi, menentukan variabilitas genotipik, fenotipik dan heritabilitas dari sifat tersebut serta mendapatkan varietas okra yang memiliki sifat agro-morfologis baik. Penelitian dengan metode percobaan telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas pada bulan Maret hingga Juli 2023 menggunakan enam belas varietas hibrida okra introduksi dan satu varietas hibrida lokal yaitu Greennie yang diletakkan dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan tiga ulangan. Data pengamatan dianalisis dengan uji F, dan apabila F hitung berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji t-Dunnet pada taraf nyata 5% dengan menggunakan varietas Greennie sebagai pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi berbagai penampilan sifat agronomis dan morfologis batang, daun, bunga dan buah tanaman okra. Produksi hasil yang tinggi diperoleh pada varietas yang memiliki jumlah, diameter, dan bobot buah yang tinggi yaitu varietas Okinawan, Bendi Arab, Lousiana Long Pod, Bendi Menara, Bendi Susu, dan Ledy Red. Sifat agronomis menunjukkan heritabilitas yang tinggi, sejalan dengan variabilitas genotipik dan fenotipik yang luas untuk semua karakter yang dievaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Irawati, M. Rur. Sc. Ph.D
Uncontrolled Keywords: heritabilitas, variabilitas, varietas introduksi, varietas lokal
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 02 Mar 2024 09:04
Last Modified: 02 Mar 2024 09:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465345

Actions (login required)

View Item View Item