Analisis Tingkat Penerapan Materi Sekolah Lapang IPDMIP Komoditi Jagung Hibrida (Studi Kasus Kelompok Tani Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat)

Hutabarat, Elva Rahmi Yuni (2024) Analisis Tingkat Penerapan Materi Sekolah Lapang IPDMIP Komoditi Jagung Hibrida (Studi Kasus Kelompok Tani Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (392kB)

Abstract

Proyek Pengembangan dan manajemen irigasi partisipatif terintegrasi (IPDMIP) adalah program irigasi pemerintah yang menyediakan sistem irigasi jangka panjang yang menggabungkan sistem irigasi pusat, provinsi dan kabupaten. Kegiatan Sekolah Lapang menjadi salah satu bagian dari program IPDMIP. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yang bertujuan untuk: 1) Menggambarkan pelaksanaan program Sekolah Lapang IPDMIP di Nagari Kapa 2) Menganalisis tingkat penerapan materi Sekolah Lapang IPDMIP di Nagari Kapa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu metode studi kasus. Metode pengambilan responden secara sensus yaitu 25 orang peserta Sekolah Lapang IPDMIP Nagari Kapa. Data yang diambil ialah data primer dan sekunder. Metode pengambilan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Menggunakan analisis deskriptif kualitatif pada tujuan pertama dan deskriptif kuantitatif pada tujuan ke dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan IPDMIP di Nagari Kapa tidak berlangsung sesuai panduan pelaksanaan IPDMIP. Didapatkan hasil total skor tingkat penerapan materi Sekolah Lapang IPDMIP di Nagari Kapa ialah 834 masuk dalam kategori rendah. Tingkat penerapan dengan kategori rendah ialah materi pembuatan pupuk kompos jerami jagung, pembuatan jakaba, pembuatan PGPR dan pembuatan hormon semua (100%) peserta Sekolah Lapang tidak menerapkan. Kata Kunci: SL IPDMIP, Adopsi Inovasi, Pendidikan Orang Dewasa, Jagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Mar 2024 04:38
Last Modified: 02 Mar 2024 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465318

Actions (login required)

View Item View Item