Kajian Sifat Kimia Tanah pada Berbagai Penggunaan Lahan di Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang

Randi, Sujarmi (2024) Kajian Sifat Kimia Tanah pada Berbagai Penggunaan Lahan di Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi_RANDI_SUJARMI_full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, oleh karena itu dalam pemanfaatannya harus benar-benar mempertimbangkan aspek fisik, kimia, dan biologi tanah sehingga tidak terjadi penurunan tingkat kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat kimia tanah pada beberapa penggunaan lahan Kampus Universitas Andalas, Limau Manis, Padang, sehingga dapat diketahui tanaman yang paling baik digunakan untuk perbaikan sifat kimia tanah secara alami. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan September 2023 – Januari 2024, dengan menggunakan metoda survei (purposive sampling) berdasarkan penggunaan lahan (mahoni, jati, dan sawit). Parameter yang dianalisis adalah pH, C-organik, N-total, P-Tersedia, KTK, kation-dd (Ca, Mg, K, Na), Kejenuhan basa, C/N dan BV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lahan sawit memiliki sifat kimia tanah yang lebih mendekati hutan dibandingkan dengan lahan mahoni dan lahan jati, seperti nilai pH (5,07), P-tersedia (4,04 ppm), N-total (0,35%), kejenuhan basa (37%), dan C/N (4,59). Pada lahan mahoni memiliki nilai kandungan C-organik (2,11%) dan Kadar Air (33,99%) yang lebih mendekati hutan. Pada lahan jati memiliki nilai KTK (11,17 cmol/kg) dan BV (0,82 g/cm3) yang lebih mendekati hutan. Hasil penelitian menunjukkan lahan mahoni memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memperbaiki sifat kimia tanah secara alami dibandingkan lahan jati dan sawit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. rer.nat. Ir. Syafrimen Yasin, MS. MSc
Uncontrolled Keywords: Jati (Tectona grandis), Mahoni (Swietenia mahagoni), Penggunaan Lahan, Sawit (Elaeis guineensis), Sifat kimia, Ultisol.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:41
Last Modified: 04 Mar 2024 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465286

Actions (login required)

View Item View Item