Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Komandan Lapangan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus Marching Band MTsN 6 Kota Padang)

Nurul, Hafizhah Alza (2024) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Komandan Lapangan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus Marching Band MTsN 6 Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB_1_PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Penutup)
BAB_VI_PENUTUP.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Full Version)
Tugas Akhir_Nurul Hafizhah Alza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Marching Band Gema Tata Gemilang merupakan salah satu marching band senior terbaik yang ada di kota Padang, dan telah aktif selama belasan tahun serta telah memenangkan banyak ajang kompetisi Marching Band. Seorang field commander berperan mengatur permainan di lapangan pada saat bermain. Jika seorang komandan lapangan membuat kesalahan dalam sebuah permainan, maka seluruh permainan akan kacau dan tidak beraturan. Selain itu, kategori penghargaan best field commander merupakan salah satu penghargaan utama yang banyak dituju dan ditargetkan oleh kelompok-kelompok marching band yang bertanding. Sehingga penghargaan tersebut menjadi sebuah kejuaraan yang perlu dipertahankan karena tergolong kedalam penghargaan utama. Untuk mendapatkan penilaian yang bagus dan mempertahankan gelar juara yang telah mereka miliki selama bertahun-tahun, marching band Gema Tata Gemilang perlu menetapkan seorang komandan lapangan yang tepat dan terampil dalam bertugas menjadi komandan lapangan. Namun pelaksanaannya masih belum dilakukan secara maksimal sehingga menimbulkan sejumlah kendala dalam menentukan siapa yang layak menjadi komandan lapangan. Biasanya, pemilihan hanya dilakukan secara subjektif seperti siapa saja yang mau atau siapa yang pernah berpengalaman menjadi komandan lapangan tanpa memperhitungkan faktor lain. Hal ini mengakibatkan marching band Gema Tata Gemilang tidak dapat tampil dengan maksimal dan menurunnya kredibilitas marching band tersebut. Saat melakukan wawancara dengan pelatih marching band Gema Tata Gemilang, ditemukan beberapa permasalahan tersebut. Hal ini menjadi dasar pemikiran penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan pemilihan komandan lapangan terbaik dengan menggunakan metode Profile Matching. Metode Profile Matching dipilih karena metode ini memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan preferensi, profil, atau karakteristik dari beberapa objek atau individu dalam pengambilan keputusan. Metode ini diawali dengan menentukan kriteria, pemetaan gap, melakukan pembobotan, perhitungan core factor dan secondary factor, perhitungan nilai total, dan perhitungan perangkingan. Aspek penilaian pelatih didasarkan pada body language, sikap siap, PBB, vokal, pengetahuan umum tentang marching band, ketelitian, pengalaman, attitude, dan kehadiran. Output yang dihasilkan dari penelitian ini berupa sebuah sistem pendukung keputusan untuk memilih komandan lapangan marching band yang dapat digunakan oleh pelatih marching band untuk menentukan komandan lapangan terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Marching Band, Komandan Lapangan, Field Commander, Sistem pendukung Keputusan, Profile Matching
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 02 Mar 2024 03:36
Last Modified: 02 Mar 2024 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465253

Actions (login required)

View Item View Item